Kelompok Pro-Israel Desak RS London Hapus Karya Seni Anak Gaza

Chelsea and Westminster Hospital. (Foto: Liftec)

London, MINA – Karya seni unggulan yang dirancang oleh dari Gaza di Rumah Sakit Chelsea dan Westminster dicopot menyusul desakan kelompok lobi pro- Inggris (UKLFI).

Karya seni yang ditampilkan di Rumah Sakit Chelsea dan Westminster digambar oleh anak-anak Palestina dari Gaza, dan menampilkan sejumlah desain seperti wanita Palestina yang mengenakan thobes bordir tradisional, panen zaitun, serta bendera nasional Palestina yang berkibar di atas Al-Aqsa, Masjid di Yerusalem yang diduduki. The New Arab melaporkan.

Karya seni berjudul “Crossing Borders – A Festival of Plates”, dirancang oleh anak-anak sekolah dari dua sekolah United Nations Relief Work Agency (UNRWA) di daerah kantong yang terkepung, dan dipajang di departemen rawat jalan anak-anak.

Baca Juga:  Gaza Bantah AS dan Israel tentang Peningkatan Bantuan Kemanusiaan

Karya seni tersebut dilaporkan dipindahkan awal bulan ini dari rumah sakit setelah sejumlah pasien Yahudi mengeluh karya seni tersebut membuat mereka merasa “rentan, menjadi korban dan dilecehkan”.

Keluhan diajukan UKLFI, yang menggambarkan dirinya sebagai “kelompok pengacara Inggris yang menggunakan advokasi, penelitian hukum dan kampanye untuk mendukung Israel, [menggunakan] keahlian mereka secara pro bono untuk memerangi BDS dan delegitimasi Israel”.

UKLFI dilaporkan menuntut agar rumah sakit menghapus lukisan setelah didekati pasien Yahudi untuk “membantu” masalah tersebut.

Jocelyn Hurndall, seorang penulis dan wali Pengacara untuk Hak Asasi Manusia Palestina, berkata: “Benar-benar menyedihkan UKLFI, Rumah Sakit Chelsea dan Westminster menyerah”. Dia menambahkan karya seni seharusnya menyatukan.

Baca Juga:  Abaikan Blinken, Hamas Pelajari Proposal Gencatan Senjata Israel

Manajer kampanye UK, Krystian Benedict, mengatakan “membela sangat aneh bagi etika Anda, mengacu pada “pujian” UKLFI atas penghapusan seni tersebut.”

Fanar Haddad, asisten profesor di The University of Copenhagen dan penulis, menyebut keluhan UKLFI sebagai “ketidakberdayaan yang kejam” dan tanggapan selanjutnya dari rumah sakit sebagai “ketidakberdayaan yang mendambakan”.

Selain itu, dalam siaran pers mereka, grup tersebut awalnya menulis “dengan senang hati melaporkan bahwa Rumah Sakit Chelsea dan Westminster telah menghapus pajangan karya seni yang dirancang oleh anak-anak dari Gaza,” pada saat publikasi pada 14 Februari.

Namun, sekarang tertulis: “Rumah Sakit Chelsea dan Westminster telah menghapus pajangan karya seni yang menggabungkan propaganda politik Palestina”. Perubahan pernyataan itu juga menuai kritik secara online.

Baca Juga:  MER-C Kecam Israel Terkait Temuan Kuburan Massal di Gaza

Ini bukan pertama kalinya UKLFI berkampanye untuk menghapus pajangan di Inggris.

Pada bulan Februari tahun lalu, organisasi tersebut diduga menekan Galeri Whitworth yang berafiliasi dengan Universitas Manchester untuk mencopot direkturnya. Pergerakan itu terjadi setelah lembaga penelitian Arsitektur Forensik yang menggelar pameran di galeri itu setahun sebelumnya, memposting pernyataan solidaritas Palestina.(T/R7/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.