Cetak Generasi Al-Qur’an Mulai Dari Keluarga

(Foto: MINA)
(Foto: MINA)

Jakarta, 24 Jumadil Awal 1437/3 Maret 2016 (MINA) – Mencetak yang mampu menghafalkan 30 juz Al-Qur’an harus dimulai dari dan lingkungan (bi’ah) yang kondusif dalam mendidik anak-anak untuk mempelajari Al-Qur’an sejak dini.

“Mendidik anak untuk menjadi penghafal Qur’an sejak kecil harus menjadi motivasi bagi setiap keluarga,” kata Ustaz Agus Sudjatmiko saat Talk show “Keluarga Bahagia dengan Menjadi Keluarga Qur’ani, Satu Keluarga Satu Hafidz”di gelaran Islamic Book Fair (IBF) 2016, Kamis (3/3).

Dalam talkshow tersebut, Sudjatmiko hadir bersama istri dan putra putrinya yang hafal Al-Quran yaitu Shofa, Shofi, Muhammad Ishaq, Muhammad Ismail, dan Husaid. Enam dari delapan anak dari pasangan Agus Sudjatmiko dan Ika Abriastuti merupakan penghafal Al-Quran.

Dua orang anaknya yang kembar, Muhammad Ishaq, Muhammad Ismail, mampu menembus Universitas Indonesia. 

Dia menegaskan bahwa untuk mencetak anak menjadi penghafal Al-Qur’an perlu dukungan orang tua guna menuntun mereka dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an sedini mungkin.

Sudjatmiko yang menikah muda dalam usia 21 tahun itu mengatakan, saat anak mempunyai potensi dan prestasi dalam menghafal Al-Qur’an maka orang rua harus terus memperdalam potensi dan bakat yang dimiliki anak itu.

Sementara Ika Abriastuti mengatakan, mengakrabkan anak membaca Al-Qur’an sedini mungkin merupakan cara agar anak-anak lebih mudah menghafal.

“Apa yang sering dibaca maka akan sering diulang dan akan menjadi hafalan bagi si anak,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, sebagai seorang ibu seharusnya dapat mendukung apa yang menjadi potensi anak tersebut. Ketika anak itu mendapat ridho dari ibu maka itulah kekuatan bagi anak.

Membantuk motivasi anak juga dapat dilakukan dengan selalu memberi semangat yang membangkitkan semangat anak.

“Mendidik anak dengan Al-Quran akan mendapat kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Dengan Al-Qur’an Allah akan memberikan kemudahan dalam hal apa pun itu. Membawa generasi Al-Qur’an akan menjadikan anak kepada jalan yang bermanfaat bagi keluarga,” tambahnya.(L/anj/ima/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.