Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Keluarga Palestina Tolak Tinggalkan Rumah yang Hancur akibat Serangan Israel

sri astuti - Selasa, 28 November 2023 - 00:25 WIB

Selasa, 28 November 2023 - 00:25 WIB

1 Views

Gaza, MINA – Sebuah keluarga Palestina beranggotakan enam orang bersikeras untuk tetap tinggal di rumahnya di kota Deir Al-Balah di Jalur Gaza tengah, meskipun rumahnya hancur menjadi puing-puing akibat serangan udara Israel, Anadolu Agency melaporkan, Senin (27/11).

Keluarga tersebut terus hidup dalam kondisi yang sulit setelah pesawat tempur Israel menghancurkan rumah dua lantai mereka bulan lalu. Serangan itu juga mengakibatkan luka serius kepala keluarga, Khaled Naji, 51 tahun.

Di tengah reruntuhan rumah, istrinya, Siham Naji, sedang memotong tomat dan paprika, menyiapkan sarapan untuk keluarganya, dengan bantuan Khaled dan salah satu anak mereka.

Meski berada dalam situasi yang mengerikan, keluarga tersebut bersikeras untuk tetap tinggal di rumah, bekerja dengan dedikasi untuk memenuhi kebutuhan dasar dan menjamin penghidupan.

Baca Juga: Israel Serang Lebanon Selatan dengan Bom Fosfor Putih Terlarang

Kehidupan di reruntuhan

Pada dini hari, mereka berjuang untuk mencari beberapa potongan kayu dari perabotan yang hancur akibat pengeboman.

Sang ayah bekerja keras membuang puing-puing mencari sedikit kayu untuk menyalakan dan menyiapkan makanan sarapan yang disebut  “wajan tomat”, yang terdiri dari tomat, paprika dan bawang putih yang diaduk di atas api hingga matang.

Meski kehancuran dan kesakitan menimpa keluarga tersebut, sang istri berusaha membelai cucunya di atas kasur yang ia letakkan di atas reruntuhan.

Baca Juga: Rudal Anti-Tank Tewaskan Tentara Israel di Rafah

Keluarga tersebut berlindung di sebuah ruangan retak, yang merupakan sisa-sisa rumah, untuk tidur dan menghabiskan waktu mereka di dalam.

Khaled mengatakan kepada Anadolu, mereka terkejut dengan pemboman rumah mereka meskipun tidak ada sasaran militer di dekat mereka.

Rudal Israel mengubah rumahnya dan rumah tetangganya menjadi puing-puing.

“Pemboman tersebut menyebabkan luka dalam di tangan saya dan luka bakar di tubuh saya setelah saya selamat dari bawah reruntuhan,” katanya.

Baca Juga: Brigade Al-Qassam: Helikopter Israel Kena Tembak Rudal SAM 7

“Kepadatan mendorong saya untuk kembali tinggal di rumah setelah saya melihat warga mendirikan tenda yang terbuat dari pakaian robek, nilon dan timah (di tempat penampungan sementara),” ujarnya.

‘Tanah air kami’

Dia menjelaskan bahwa dia tinggal di bagian kamar bobrok tempat dia tinggal bersama keluarganya, meskipun rumah mereka hancur total.

“Kami menyiapkan makanan dan roti di atas reruntuhan,” kata Khaled. “Meski terjadi kehancuran, kami akan tetap tabah. Kami tidak bisa meninggalkan rumah Kami. Mereka (tentara Israel) ingin memaksa kami meninggalkan tanah air kami, dan kami tidak akan menerimanya dengan nyawa kami,” katanya.

Baca Juga: Israel Perpanjang Penutupan Media Al-Jazeera di Palestina

Dia mengatakan mereka adalah pemilik suatu tujuan dan pemilik tanah.

“Pendudukan (Israel) datang dari banyak negara. Mereka semua adalah tentara bayaran dan tidak memiliki tanah air…Tidak ada kemungkinan bagi kami untuk meninggalkan tanah kami, meskipun terjadi kehancuran,” tegasnya.

“Pendudukan menghancurkan rumah kami, dan saya berharap perang akan berakhir. Semua mainan saya hilang,” kata Youssef.

Siham, sang istri, berkata: “Kami tinggal di sebagian kecil sisa ruangan rumah. Kami memasak makanan di atas api.”

Baca Juga: Australia, Selandia Baru, dan Kanada Desak Gencatan Senjata di Gaza

Dia menambahkan: “Tidak ada air atau rumah untuk tinggal, dan musim dingin akan segera tiba. Kami tidak tahu bagaimana beradaptasi dan hidup.”

“Gencatan senjata kemanusiaan tidak cukup untuk meringankan penderitaan masyarakat. Kami berharap perdamaian dan stabilitas akan kembali dalam kehidupan kami,” tambahnya.

Pada hari Jumat, jeda kemanusiaan yang awalnya ditetapkan selama empat hari antara Israel dan faksi-faksi Palestina mulai berlaku pada pukul 7 pagi waktu setempat (GMT0500).

Perjanjian jeda kemanusiaan tersebut mencakup pembebasan 50 tahanan Israel dari Gaza, 13 di antaranya dibebaskan, dengan imbalan pembebasan 150 warga Palestina dari penjara Israel, 39 di antaranya dibebaskan dan masuknya ratusan truk bermuatan bantuan kemanusiaan. bantuan medis dan bahan bakar ke seluruh wilayah Jalur Gaza.

Baca Juga: Sebanyak 35.000 Warga Palestina Shalat Jumat di Masjid Al Aqsa

Israel melancarkan kampanye militer besar-besaran di Jalur Gaza menyusul serangan lintas batas oleh Hamas pada 7 Oktober.

Sejak itu, serangan ini telah menewaskan sedikitnya 14.854 warga Palestina, termasuk 6.150 anak-anak dan lebih dari 4.000 wanita, menurut otoritas kesehatan di wilayah tersebut. Korban tewas resmi di Israel mencapai 1.200 orang. (T/R7/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Pasukan dan Tank Israel Kembali Merangsek Masuk Gaza Selatan

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Indonesia
Internasional
Palestina
Palestina
Palestina