Kembali Kirim Relawan ke Gaza, MER-C Temui Anies Baswedan

Jakarta, MINA – Lembaga medis kegawatdaruratan Medical Emergency Rescue Committee (MER–C) akan kembali mengirim relawannya ke Jalur Gaza, , pada Ahad (16/2) mendatang.

Sebelum keberangkatan itu, tim MER–C terlebih dahulu menemui Gubernur DKI Jakarta di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (14/2).

Anies mengatakan bahwa persahabatan Indonesia-Palestina bisa terus terjaga, salah satunya melalui Rumah Sakit (RS) Indonesia yang telah diserahterimakan kepada Palestina pada 2016 lalu.

“Ini salah satu bentuk persahabatan Indonesia–Palestina,” kata Anies.

Ketika ditanya wartawan MINA mengenai kapan orang nomor satu di DKI Jakarta itu bisa berkunjung ke Palestina, utamanya ke Jalur Gaza, pemenang Pilkada DKI 2017 itu hanya meminta doa agar kursi wakil gubernur DKI Jakarta bisa segera terisi.

Kepada Anies, Ketua Tim MER–C Ir. Faried Thalib mengatakan, sebanyak 11 relawan akan diberangkatkan ke di Jalur Gaza. Rencananya mereka akan berada di wilayah  itu selama dua pekan.

“Kira-kira dua pekan. Tapi mungkin di sana 10 hari, yang empat hari dihabiskan dalam perjalanan,” ujarnya.

Faried menambahkan bahwa saat ini, pembangunan tahap kedua RS Indonesia di Jalur Gaza hampir selesai. Bangunan tambahan dua lantai yang menghabiskan anggaran hingga Rp70 miliar dan selesai pada akhir tahun 2020 itu diperkirakan bisa menampung hingga 100 tempat tidur.

“RS Indonesia itu kan yang pertama menampung sekitar 120 sampai 150 tempat tidur. Ternyata jumlah itu masih kurang. Jadi setelah pembangunan tahap dua selesai akan bisa menampung hingga 250 tempat tidur,” katanya.

Pada Februari 2019 lalu, Anies melepas keberangkatan 34 relawan MER–C yang hendak melakukan pembangunan tahap dua RS Indonesia. (L/R2/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.