Kemenag Ajak Generasi Muda Pelajari Ekonomi, Keuangan Syariah

Jakarta, MINA – Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama RI, Muhammad Fuad Nasar mengajak umat Islam mempelajari konsep ekonomi dan keuangan syariah yang mampu menjadi jawaban permasalahan perekonomian nasional.

“Perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia menunjukkan tren positif dalam beberapa tahun terakhir,” kata Fuad dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (24/3).

Atas hal tersebut, pihaknya mengajak umat Islam mempelajari konsep ekonomi dan keuangan syariah yang mampu menjadi jawaban atas masalah perekonomian nasional.

“Ekonomi dan keuangan syariah secara substansi sesungguhnya telah mencerminkan konsep sila kelima Pancasila, yaitu ‘Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, bahwa dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, semua aspek harus dipersiapkan, tidak hanya regulasi, institusi dan produk, tetapi sangat penting membangun kultur dan perilaku masyarakat,” kata Fuad.

Ia mengajak generasi muda muslim agar mempunyai kepedulian dalam mempelajari dan melaksanakan konsep ekonomi dan keuangan syariah sesuai dengan semangat zaman.

“Saat ini instrumen perbankan syariah, pasar modal, asuransi, reksadana, obligasi dan surat berharga atau Sukuk kini semakin berkembang menjadi alternatif yang memiliki keunggulan kompetitif,” imbuhnya.

Meski begitu, Fuad mengakui masih banyak kekurangan dalam tataran implementasi yang perlu diperbaiki agar perkembangan ekonomi syariah menghadirkan dampak yang lebih besar terhadap kehidupan umat Islam dan bangsa Indonesia secara keseluruhan. (R/R4/P2)

 

 

Mi’raj News Agency (MINA)