Kemenag Akan Gelar Seminar Internasional Tentang Al-Quran

Jakarta, 10 Sya’ban 1437/18 Mei 2016 (MINA) – Kementerian Agama melalui Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran (LPMA) akan menggelar seminar internasional tentang Al-Quran. Seminar Internasional ini dijadwalkan pada 30 Agustus – 1 September 2016 di Jakarta.

Dikutip dari laman resminya pada Rabu (18/5), seminar internasional ini mengangkat tema “Peran Mushaf dalam Membangun Peradaban Islam dan Kemanusiaan”.

Seminar internasional ini diharapkan menjadi forum pertemuan dan diskusi para pakar, para pemimpin perguruan tinggi, ilmuwan, cendekia, ulama dan tokoh agama, maupun lembaga-lembaga yang memiliki perhatian terhadap kajian mushaf Al-Quran dalam upaya mengungkap peran mushaf Al-Quran terhadap persoalan kemanusiaan, kemasyarakatan, dan kebangsaan.

Terkait itu, seminar juga akan membahas sejumlah sub tema, antara lain Kontribusi dan Upaya dalam Pelayanan Mushaf dari Masa ke Masa, Pengaruh Mushaf Al-Qur’an terhadap Umat Muslim dalam bidang Peradaban dan Bahasa,Tradisi Penyalinan Mushaf Al-Qur’an antara Timur dan Barat Dunia Islam di Tengah Perkembangan Teknologi Modern.

Seminar akan diikuti para penggiat kajian Al-Quran dari kalangan akademisi, seperti dosen, peneliti, dan para pengkaji Al-Quran yang dibagi dalam dua kategori, pertama peserta pemakalah, yaitu mereka yang diundang sebagai pembicara utama, atau mendaftar dan mengajukan makalahnya, serta telah mendapat persetujuan dari Tim Penilai Makalah (reviewer) yang telah ditunjuk oleh LPMA.

Kedua, peserta umum, yaitu mereka yang mendaftarkan diri tanpa mengajukan makalah untuk mengikuti seluruh rangkaian seminar. Untuk kategori ini, penginapan dan konsumsi ditanggung oleh peserta yang bersangkutan. (T/P006/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)