Kemenag Berangkatkan 44 Imam Masjid ke UEA

Pengumuman Seleksi Tahap Akhir Calon Imam Masjid UEA. (Dok. Kemenag)

Jakarta, MINA – Kementerian Agama telah menetapkan 44 nama untuk diberangkatkan ke Uni Emirat Arab ().

Penetapan ini tertuang dalam Berita Acara nomor B-3/Dt.III.I/HM.01/06/2023 tentang Hasil Seleksi Wawancara Seleksi Calon Imam Masjid untuk Uni Emirat Arab tahun 2023.

“Sebanyak 44 imam tersebut telah melewati tiga tahap seleksi, yaitu administrasi, Computer Assisted Test (CAT), wawancara online, dan wawancara bersama tiga syekh dari UEA di Jakarta,” kata Kasubdit Kemasjidan, Akmal Salim Ruhana, Selasa (13/6) Jakarta, demikian keterangan yang diterima MINA.

Akmal menjelaskan, pendaftar pertama yang melalui proses online terdapat 518 calon tahun ini. Kemudian pada seleksi administrasi terpilih sebanyak 364 peserta, berikutnya tes wawancara online terpilih 115 peserta yang kemudian diuji oleh para syekh.

“Selamat kepada para calon imam masjid yang telah dipilih di tahap wawancara langsung ini. Semua tahapan seleksi yang menjadi tanggung jawab panitia Indonesia telah selesai,” jelas Akmal.

Selanjutnya, lanjut Akmal, panitia UEA akan mempersiapkan tahapan pemberangkatan.

“Dimohon bagi mereka yang lolos untuk secara proaktif mempersiapkan segala kebutuhan teknis, mulai dari istimarah (formulir resmi dari Dewan Juri UEA), foto, paspor, dan hal-hal lain yang diperlukan,” ucapnya.

Para imam terpilih harus segera melengkapi dokumen yang diperlukan, yaitu formulir istimarah dari Dewan Juri UEA, pas foto ukuran 4×6 cm dengan latar belakang warna putih, dan fotokopi paspor yang masih berlaku.

Untuk proses berikutnya, para imam akan diberi pembekalan, dan menunggu informasi lebih lanjut. Hasil dari seleksi ini bersifat final dan tidak bisa diganggu gugat.

“Kami juga akan menggelar pembekalan sebelum keberangkatan. Selain pengenalan lintas budaya, juga penguatan wasathiyatul Islam, yang menjadi keunggulan Islam Indonesia. Hal ini penting karena para aimmah adalah duta Indonesia yang membawa nama baik bangsa sekaligus wajah Indonesia di UEA,” ucapnya.

Daftar 44 Imam Masjid untuk UEA dapat dilihat di website bimasislam..go.id pada menu Seleksi Imam Masjid. (R/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.