Kemenag Buka Pendaftaran Beasiswa dan Non Beasiswa S1 ke Timur Tengah 7-15 Mei 2016

Jakarta, 26 Rajab 1437/4 Mei 2016 (MINA) – Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (DIKTIS) Ditjen Pendidikan Islam (Pendis) kembali membuka seleksi dan non beasiswa ke sejumlah negara yaitu Mesir, Maroko dan Sudan, pada 7 – 15 Mei 2016.

“Maksud Diktis Ditjen Pendis melakukan seleksi penerimaan beasiswa dan non beasiswa tersebut di dalam negeri adalah dalam rangka menjaga kualitas mahasiswa/i yang akan dikirim ke dan juga mengantisipasi meningkatnya calon mahasiswa mahasiswi yang ingin melanjutkan studi ke kawasan Timur Tengah tersebut,” kata Direkur DIKTIS, Amsal Bakhtiar Selasa kemarin.

Mengenai pendaftaran, lanjut Amsal, dengan 2 (dua) cara sistem online dan offline, demikian keterangan pers yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Pendaftaran via online dilakukan pada tanggal 7 – 15 Mei 2016 melalui http://diktis.kemenag.go.id. Adapun formulir pendaftaran juga dapat di unduh via portal resmi DIKTIS itu juga. Jangan lupa serahkan juga pas foto dan legalisir ijazah. Semua berkas/hard copy harus diserahkan ke lokasi pendaftaran saat pelaksanaan seleksi pada hari Kamis, 19 Mei 2016,” tegas alumnus Pesantren Gontor Ponorogo ini.

Tempat pelaksanaan seleksi ada sembilan lokasi yaitu Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sumatera Utara, UIN Syarif Kasim Pekanbaru, UIN Raden Fatah Palembang, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Alauddin Makassar, IAIN Antasari Banjarmasin dan IAIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Mengenai materi ujian, terang mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah ini, terdiri atas ujian tulis dan ujian lisan.

“Dikarenakan tempat kuliahnya di Timur Tengah maka ujian tulis dan lisannya menggunakan Bahasa Arab. Ujian tulis meliputi pengetahuan Agama Islam, memahami teks, tata bahasa dan insya` (mengarang). Sedangkan ujian lisan mengenai hafalan/bacaan Al Qur`an minimal 2 Juz, percakapan (muhadatsah), terjemah dan pemahaman teks Arab,” jelas Amsal. (T/R05/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)