Kemenag Buka Seleksi Calon Anggota BAZNAS Periode 2020-2025

Tim seleksi Calon Anggota BAZNAS (Foto/Astuti)

Jakarta, MINA – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) membuka seleksi Calon Anggota Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) periode 2020-2025.

“Seleksi Calon Anggota BAZNAS periode 2020-2025 secara resmi sudah diumumkan mulai hari ini dan pendaftaran akan dimulai pada tanggal 6-19 Desember 2019, untuk itu perlu disampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat agar berpartisipasi mendaftarkan diri menjadi Calon Anggota BAZNAS periode 2020-2025,” ujar Wakil Ketua Tim Seleksi Calon Anggota BAZNAS Janedjri M. Gafar saat Konferensi pers di Kantor Kementerian Agama, Selasa (3/12).

Ia menjelaskan, berdasarkan ketentuan UU Nomor 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat, keanggotaan BAZNAS terdiri atas 11 orang anggota. Delapan orang dari unsur masyarakat, terdiri atas tiga kalangan yaitu Ulama, Tokoh Masyarakat Islam dan Tenaga Profesional serta tiga orang dari unsur pemerintah.

Lebih lanjut Janedjri mengungkapkan, Menteri Agama RI Fachrul Razi juga telah mengeluarkan keputusan tentang pembentukan Tim Seleksi calon anggota BAZNAS periode 2020-2025, sebanyak sembilan orang yang terdiri dari lima unsur Kemenag dan empat unsur di luar Kemenag sebagaimana peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Seleksi Calon Anggota BAZNAS yang akan dilakukan ini terdiri dari enam tahapan, yaitu tahap seleksi administrasi, psikotes dan dinamika kelompok, uji kompetensi, penerimaan masukan dan saran masyarakat, pemeriksaan kesehatan, serta wawancara. (L/NSD /Ast/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)