Kemenag Gandeng FK KBIH Sukseskan Penyelenggaraan Haji

Jakarta, 26 Sya’ban 1438/23 Mei 2017 (MINA) – Kementerian Agama RI menggandeng Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (FK KBIH) untuk menyukseskan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2017.

“Kemenag melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) menggandeng elemen masyarakat mitra pemerintah dalam pelaksanaan bimbingan Jamaah haji”, kata Plt. Ditjen PHU, Nur Syam dalam  laporan kegiatan pada Rapat Koordinasi Nasional Pembinaan Kelompok Bimbingan di Jakarta, Senin (22/5/2017).

Menurutnya, salah satu tugas yang dilakukan Ditjen PHU saat ini adalah melaksanakan perumusan pelaksaan kebijakan, standardisasi bimbingan teknis dan evaluasi serta pengawasan di bidang pembinaan haji, termasuk bimbingan jamaah yang dilakukan KBIH.

“Atas dasar pemikiran itu sangat penting untuk dikalakukan Rakornas Pembinaan KBIH dalam meningkatkan kualitas bimbingan jamaah haji,” kata Nur Syam yang adalah juga Sekretaris Jenderal Kemenag.

Rakornas tersebut lanjutnya, bertujuan untuk memperkuat kemitraan pemerintah dan kelompok bimbingan dalam pelaksanaan bimbingan jamaah haji, melakukan kajian bersama untuk memperoleh persamaan persepsi dan pemahaman pola pembinaan dalam penilaian kinerja kelompok bimbingan.

Rapat juga untuk memantapkan pelaksanan pembinaan kelompok bimbingan melalui penyempurnaan akreditasi, penerapan penghargaan dan sanksi serta memantapkan peran kelompok bimbingan dan pembimbing dalam pembinaah selama di tanah air dan Arab Saudi.

“Tujuan Rakor ini adalah  memperkuat kemitraan pemerintah dan melakukan kajian bersama untuk memperoleh persamaan persepsi dan pemahaman pola pembinaan dalam penilaian kinerja kelompok bimbingan dalam pelaksanaan bimbingan Jemaah haji,” paparnya

Ketua FK KBIH Pusat Qoshim Shaleh mengatakan, lahirnya FK KBIH yang digagas Kemenag adalah sebuah komitmen dari umat Islam agar kelompok bimbingan mempunyai tempat bernaung.

“Saat ini anggota yang bernaung di FK KBIH ini berjumlah 1.641 KBIH yang sudah teregistrasi,” ujar Qoshim.

Rakornas diikuti 100 peserta, terdiri dari unsur Pengurus FK KBIH Pusat, Pengurus FK KBIH dari 32 Provinsi serta Pejabat di lingkungan Ditjen PHU. Narasumber terdiri dari Menteri Agama, Pejabat eselon I dan II Ditjen PHU, Staf Khusus Menteri Agama, Pengurus Pusat FK KBIH serta praktisi haji. (RS2/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)