Kemenag. Gelar Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset IX 2019

Jakarta, MINA – Kementerian Agama melalui Direktorat Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) menggelar Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (PIONIR) IX 2019 pada 15-24 Juli 2019 mendatang di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur.

“Kami yang bertindak sebagai tuan rumah telah melakukan serangkaian persiapan,” kata Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Abd. Haris saat bertemu Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (14/6).

yang mengangkat tema Spirit of Unity akan diikuti oleh tujuh STAIN, 34 IAIN, dan 17 UIN. Hingga saat ini sudah terdaftar 3.500 peserta dari PTKIN. Mereka nanti akan ditempatkan di asrama mahasiswa yang kebetulan saat pelaksanaan event memasuki masa libur,” ungkap Haris.

Pada PIONIR IX kali ini, lanjut Haris yang didampingi Direktur PTKI Arskal Salim, ada dua cabang lomba yang merupakan inovasi yaitu, debat konstitusi dan musikalisasi hadis.

Secara keseluruhan ada 36 cabang lomba yang akan dipertandingkan pada PIONIR IX 2019, yang terbagi dalam empat bidang. Pertama, bidang ilmiah akan mempertandingkan tujuh cabang lomba yaitu: Debat Bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris, Debat Konstitusi, Business Plan, Musabaqoh Qiroatil Kutub, Musabaqoh Karya Tulis Al-Qur’an, dan Musabaqoh Fahmil Qur’an.

Kedua, bidang olahraga yang terdiri dari 12 cabang, antara lain: bola voli, futsal, tenis meja, bulu tangkis, catur, panjat dinding, dan sebagainya. Ketiga, bidang seni yang terdiri dari 13 cabang, antara lain: hadrah, film pendek, pemilihan dai mahasiswa, cipta lagu islami, hingga musikalisasi hadis.

Keempat, bidang riset yang terdiri dari karya tulis ilmiah ilmu-ilmu sosial, karya tulis ilmiah sains dan teknologi, karya inovatif, serta inovasi media pembelajaran.

PIONIR IX 2019  juga akan diramaikan dengan serangkaian kegiatan, di antaranya Forum Pimpinan PTKIN, FGD Pola Pembinaan dan pengembangan mahasiswa, seminar dan temu Dema dan Sema PTKIN, penampilan seni dan kreativitas mahasiswa, serta pameran produk mahasiswa. Demikian Rektor. (R/R09/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.