KEMENAG HIMBAU UMAT ISLAM SHALAT KHUSUF WAKTU TERJADI GERHANA BULAN

Dirjen Bimas Islam Kementrian Agama Machasin. Foto: Kemenag
Dirjen Bimas Islam Kementrian Agama . Foto:

Jakarta, 14 Jumadil Akhir 1436/3 April 2015 (MINA) – Kementerian Agama (Kemenag) menghimbau kepada seluruh umat Islam untuk melakukan saat terjadi pada Sabtu (04/04) besok.

Hal itu disampaikan Dirjen Islam (Bimas) Kemenag, Machasin, seperti siaran pers resmi Kemenag yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jum’at (3/4).

Menurutnya, berdasarkan data astronomis, pada Sabtu (04/04) yang bertepatan dengan 14 Jumadil Akhir 1436 H mulai pukul 17:15 WIB di Indonesia akan terjadi (GBT).

“Hampir seluruh kawasan Indonesia dapat mengamati Gerhana Bulan Total ini. Puncak Gerhana Bulan Total ini akan pada  19:01 WIB dan Selesa pada  20.44 WIB,” kata Machasin.

Dikatakan, pihaknya juga menghimbau agar shalat sunnah gerhana dilakukan dengan berjamaah, sesuai dengan tuntunan SAW, dan dianjurkan (sunnah muakkadah) untuk bertakbir terlebih dahulu.

“Selain itu, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak zikir, doa, istighfar, sedekah, dan melakukan amal-amal kebajikan lainnya,” ujar Machasin. (T/P010/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0