Kemenag Matangkan Peta Jalan Kemandirian Pesantren

Foto: Inews

Bogor, MINA – Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok (PD Pontren) Kementerian Agama memfinalisasi kerangka rencana Peta Jalan (PJKP).

Hal tersebut dibahas bersama dalam Focus Group Discussion (FGD) Kelompok Kerja Kemandirian Pesantren yang berlangsung tiga hari, 10 – 12 Maret 2021  di Bogor.

Direktur PD Pontren Waryono Abdul Ghafur mengatakan, PJKP disusun sebagai amanat UU No 18 tahun 2019 tentang Pesantren. Salah satu fungsi pesantren adalah pemberdayaan masyarakat.

Menurutnya, peta jalan kemandirian pesantren tersebut ditargetkan selesai akhir Maret 2021, kemudian awal April mendatang, Menteri Agama Yaqut Cholil Choumas akan melaporkan kepada Presiden Joko Widodo. Demikian keterangan yang diterima MINA, Jumat (12/3),

Sementara itu, Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdani menyampaikan, pesantren harus terlibat dan berperan aktif dalam penguatan ekonomi. Banyak bisnis yang bisa digeluti pesantren, antara lain: halal food, halal style, termasuk pada sektor seni, seperti gambus, kaligrafi, dan seni lainnya yang juga memiliki nilai jual.

“Pesantren harus terlibat aktif menguatkan potensi ekonominya. Banyak varian bisnis yang bisa dikembangkan santri, Halal Food, Halal Style, kemudian pada sektor seni misalnya, seni Kaligrafi, Seni musik Islami dan lainnya,” tutur Ramdhani. (R/R5/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.