Kemenag Mulai Verifikasi Peserta MTQ Nasional 2016 Dengan Sistem Elektronik yang Transparan

Jakarta, 23 Ramadhan 1437/28 Juni 2016 (MINA) — Tahapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an () Tingkat XXVI Tahun 2016 di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, telah memasuki tahap verifikasi peserta.

Sejak dibuka pendaftaran pada 6 hingga 25 Juni 2016, tercatat sebanyak 1.314 peserta telah mendaftar dari 34 Provinsi, demikian keterangan pers Kemenag yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Kini, sekitar 30 Tim Verifikasi akan bekerja menyeleksi data peserta berdasarkan dokumen yang dilampirkan. Seluruh proses pendaftaran dan verifikasi dilakukan melalui aplikasi e-MTQ.

Dalam penelusuran Bimasislam yang dikutip Mi’raj Islmaic News Agency (MINA), aplikasi e-MTQ telah didesain untuk dapat menyeleksi NIK sebagai identitas primer.

Sebagai contoh, bagi NIK yang tidak sesuai dengan ketentuan, maka sistem akan langsung mendeteksi dan melakukan pemblokiran. Sistem dengan sendirinya akan mempublikasikan hasil pendeteksian NIK dalam dua format, yaitu PDF dan MS excel.

Bukan hanya sistem deteksi NIK, e-MTQ juga dapat diakses oleh publik secara luas.

Sebagaimana disampaikan Menteri Agama dalam Rakornas MTQN XXVI, Selasa (31/5) lalu, e-MTQ lahir untuk memfasilitasi publik agar dapat mengakses seluruh proses persiapan dan pelaksanaan MTQN secara transparan dan akuntabel.

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam kemenag menjelaskan bagi masyarakat yang ingin melihat dan berpartisipasi, cukup mengakses alamat: simpenais.kemenag.go.id/mtq dan pilihlah nama provinsi yang dituju.

Sistem akan menyajikan data peserta mencakup Nama, NIK, Usia, Cabang Perlombaan dan Foto. Jika ditemukan data peserta yang tidak valid atau terindikasi adanya pemalsuan, dapat mengirimkan datanya melalui emal: [email protected]. Seluruh aduan harus dilengkapi dengan data pendukung yang otentik.

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional XXVI Tahun 2016 siap digelar di Provinsi Nusa Tenggara Barat () pada 28 Juli – 7 Agustus 2016.

Sebanyak 7 cabang dan 18 golongan, akan memeriahkan event MTQ dua tahunan ini. Terdapat 1 (satu) lomba baru pada gelaran MTQN tahun ini, yaitu Khat Kontemporer yang sebelumnya telah dieksibisikan pada MTQXXV tahun 2014 di Kota Batam Kepri.

Lebih dari 6.000 orang akan memeriahkan event akbar ini. (T/R05/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.