Kemenag Serahkan Rp325 Juta Bantuan Gempa di Malang

Jakarta, MINA – Gugus Tugas Tanggap Darurat Kementerian Agama tahun 2021 menyalurkan bantuan untuk masyarakat dan ASN Jatim yang terdampak . Bantuan yang diberikan sebesar Rp325.240.000, bersumber dari dana bantuan ASN Kemenag.

Bantuan ini secara simbolis diserahkan Sekjen Kemenag Nizar Ali kepada Kepala Kanwil Kemenag Jatim Ahmad Zayadi. Ikut mendampingi, Karo Umum Yayat Supriyadi.

“Bantuan ini merupakan wujud kepedulian dari keluarga besar Kementerian Agama RI. Kami sampaikan belasungkawa mendalam dan prihatin atas peristiwa ini,” kata Nizar di , Selasa (20/4/2021).

“Semoga dengan jumlah yang ada dapat meringankan beban bapak ibu yang terdampak gempa,” sambungnya.

Nizar berharap proses pemulihan pasca gempa berjalan cepat. Untuk itu dibutuhkan sinergi para pihak agar masyarakat dapat bangkit bersama, lebih baik dan lebih kuat dari sebelumnya. Nizar juga menyempatkan berkunjung MAN 2 Turen, Malang, dan melihat dampak gempa di sana.

Karo Umum selaku Ketua Gugus Tugas Tanggap Darurat Bencana Kementerian Agama tahun 2021, Yayat Supriyadi melaporkan bahwa Kementerian Agama selalu berusaha membantu ASN dan masyarakat yang terdampak gempa, banjir, atau peristiwa sejenis lainnya.

Sebelumnya, Kemenag juga sudah menyalurkan bantuan di Pekalongan, Karawang, Subang dan Provinsi Nusa Tenggara Timur. “Hari ini kita hadir di Jawa Timur,” kata Yayat Supriyadi.

Disampaikan Yayat Supriyadi, bantuan senilai Rp. 325.240.000 itu diperuntukkan untuk bantuan masjid, bantuan pegawai, tenda, karpet, terpal, bahan pokok, dan kurma. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut :

1.Tenda pleton 15 unit
2. Beras 2,5 Ton (500 pack @5 kg)
3. Indomie 2500 (500 pack @ 5 buah)
4. Sarden 450 gr (500 pcs)
5. Terpal 1000 meter (5 roll)
6. Karpet 900 meter (15 roll)
7. Bantuan masjid senilai 100 Juta, (20 Masjid).
8. Bantuan pegawai terdampak 4 orang masing-masing (Rp1 Juta).

Gempa bermagnitudo (M) 6,7 mengguncang Malang, Jawa Timur pada Sabtu (10/4/2021). Gempa terasa sekitar 5 detik pada sekitar pukul 14.00 WIB, lalu terjadi gempa susulan.

Kakanwil Kemenag Jatim, Ahmad Zayadi menyampaikan terima kasih atas bantuan dan kepedulian seluruh ASN Kemenag terhadap Jawa Timur, tepatnya Kab/Kota Malang. “Terima kasih Pak Sekjen, Pak Karo Umum dan rombongan, atas kepedulian yang diberikan ini. Semoga menjadi amal baik bagi kita semua. Bantuan ini akan disalurkan melalui enam Kankemenag, di antaranya Kankemenag Kabupaten Malang, Lumajang, Tulung Agung, Blitar, Trenggalek, dan Kediri,” kata Ahmad Zayadi.

Tampak hadir Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. Abd. Haris, dan para ASN Kankemenag Kabupaten Malang. (L/R2/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)