Kemenag Siapkan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi 5.000 Guru

Jakarta, MINA – Kementerian Agama siapkan program pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi dan tenaga kependidikan pada 2018. Menurut Dirjen Pendis Kamaruddin Amin, program ini dipresentasikan pada upaya peningkatkan kompetensi dan kinerja guru serta tenaga kependidikan secara berkelanjutan bagi  5.000 guru yang memenuhi persyaratan.

“Guru merupakan elemen paling menentukan kualitas pendidikan madrasah di Indonesia untuk kemajuan bangsa di masa depan sehingga sangat penting meningkatkan profesionalitas,  kualifikasi, kompetensi juga sertifikasinya,” kata Kamaruddin saat  Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2018, Selasa (30/1).

Dikutip dari rilis , menurutnya,  berdasarkan Peraturan MenPAN&RB Nomor 16 Tahun 2009, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan proses dan kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional guru dan tenaga kependidikan madrasah yang dilaksanakan berjenjang, bertahap, serta berkesinambungan dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kinerja .

“Persoalan lainnya yang juga menjadi fokus Kemenag yaitu  sertifikasi guru dan pembayaran tunjangan sertifikasi guru,” ujar Kamaruddin.

“Selain  itu Kemenag juga sedang menyiapkan assesment bagi guru melalui aplikasi elektroklnik,” katsnya. (R/R05/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.