Kemenag Siapkan Rp 399,9 Miliar Bantu 2.666 Madrasah

Jakarta, MINA – Kementerian Agama menyiapkan anggaran mencapai Rp. 399,9 miliar untuk membantu bagi 2.666 .

Bantuan Afirmasi Madrasah diimplementasikan melalui Program “Realizing Education’s Promise – Madrasah Education Quality Reform.”

“Tahun ini kita siapkan Bantuan Afirmasi Madrasah untuk 2.666 madrasah, masing-masing mendapat Rp. 150 juta. Totalnya mencapai Rp. 399,9 miliar,” kata Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani di Jakarta, Jumat (30/7).

Ia menjelaskan, bantuan diberikan dalam bentuk uang tunai kepada madrasah yang menerapkan sistem Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan sistem e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah berbasis Elektronik).

“Namun demikian, pemanfaatannya harus didasarkan pada kebutuhan mendesak madrasah yang dirumuskan berdasarkan hasil EDM,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Isom Yusqi menyampaikan, mulai September bantuan akan mulai didistribusikan.

“Kami berharap Pemerintah Daerah juga bisa mengalokasikan Dana Alokasi Khusus nya untuk membantu siswa-siswa madrasah yang juga merupakan putera-puteri daerah. Kami telah menerapkan sistem e-RKAM sebagai platform e-planning dan e-budgeting madrasah, sehingga akuntabilitas pelaporan bantuan dapat dijamin,” ujarnya.

“Anggaran untuk bantuan ini memang tidak banyak, sangat terbatas. Tahun ini kuota penerima bantuan ini sebanyak 200 Madrasah Aliyah, 250 Madrasah Tsanawiyah, dan 100 Madrasah Ibtidaiyah,” kata Isom.

Sejak 2019, juga memberikan bantuan pembangunan Madrasah Negeri melalui dana SBSN (Surat Berharga Sukuk Nasional).

Salah satu pemanfaatan bantuan tersebut adalah untuk menunjang implementasi kelas digital. Sampai tahun ini, bantuan pembangunan madrasah negeri melalui SBSN masih berlangsung. (R/SR/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Sartika

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.