Kemenag Susun Buku Panduan Guru BK Madrasah

Bandung, MINA – melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah sedang menyusun buku panduan bagi guru Bimbingan Konseling (BK) madrasah.

Kasubag TU Direktorat GTK Madrasah Sidik Sisdiyanto menuturkan, penyusunan buku panduan bagi guru BK merupakan respon melihat kondisi guru BK di madrasah yang terbilang sangat minim dan belum memiliki buku panduan.

“Buku panduan ini sangat penting, agar bisa menjadi rujukan pelaksanaan tugas guru BK. Selama ini guru BK terkesan galak atau menghukum, padahal fungsi utama guru BK bukan itu,” terang Sidik di acara workshop Penyusunan Panduan Guru BK Madrasah di Bandung, Rabu (1/8).

Dikatakan Sidik, ada 16 guru BK dan beberapa Kepala Madrasah yang diundang untuk menyusun buku panduan.

“Targetnya harus ada buku panduan yang berasal dari produk kita (Kemenag). Oleh sebab itu, kami panggil juga tim penyusun buku panduan BK Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) untuk memberikan materi,” kata Sidik. 

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Jawa Barat, Abudin menyampaikan bahwa guru BK madrasah di Jawa Barat masih sangat minim.

Abudin juga berharap kegiatan ini bisa menghasilkan pedoman guru BK Madrasah yang bisa dijadikan rujukan guru BK madrasah secara nasional.

“Guru BK itu sangat langka, kalaupun ada itu guru yang di-BK-kan (guru tidak memiliki latar pendidikan bimbingan konseling),” pungkas Abudin. (R/R09/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.