Kemenag Terus Dorong Peningkatan Kualitas Guru Madrasah

Palembang, MINA – Kementerian Agama terus mendorong peningkatan kualitas guru . Hal ini dibahas dalam pertemuan Direktur GTK Madrasah dengan Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan seluruh Indonesia di Palembang.

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, Suyitno menjelaskan, faktor utama dalam peningkatan kualitas tidak bisa lepas dari sumber daya manusia (SDM) yang ada.

“Dasar utama pengelolaan pendidikan adalah SDM itu sendiri yang di dalamnya mencakup guru dan tenaga kependidikan,” jelas Suyitno dalam Rapat Koordinasi Teknis Direktorat Guru dan tenaga Kependidikan di Palembang, Rabu (30/8). Demikian keterangan pers yang dikutip MINA.

Menurutnya, selalu ada korelasi positif antara peningkatan sumber daya manusia dengan peningkatan mutu dan kualitas pendidikan. Sebab itu penyelesaian masalah harus dari akarnya.

Terkait peningkatan kualitas guru madrasah, Suyitno menambahkan, saat ini mendapatkan tantangan karena terbatasnya kuota PLPG dan sasaran PPKB yang belum menyeluruh ke semua provinsi. Menurutnya, kedua instrument ini merupakan unsur penting peningkatan kualitas guru madrasah sesuai dengan PP no. 19 tahun 2005.

“Oleh karena itu, peningkatan kualitas SDM guru madrasah harus digarap serius karena akan berpengaruh langsung terhadap kualitas pembelajaran di madrasah,” ujarnya. (R/R05/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.