Kemenag Umumkan 211 Peserta Calon Imam Masjid untuk UEA Lulus Tahap Administrasi

Jakarta, MINA – Kementerian Agama () melalui Ditjen Bimas Islam mengumumkan 211 peserta calon untuk Uni Emirat Arab () lulus tahap administrasi. Hal tersebut diungkapkan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib.

“Setelah pengumuman pendaftaran seleksi calon imam masjid untuk UEA ditutup pada 31 Mei 2022 kemarin, maka pada hari ini kami mengumumkan 211 peserta calon imam masjid untuk UEA dinyatakan lulus tahap administrasi,” terang Adib di Jakarta, Rabu (1/6/2022).

Adib mengatakan, secara keseluruhan, jumlah pendaftar yang tercatat dalam formulir pendaftaran mencapai 293 peserta. Hanya saja, kata dia, setelah dilakukan pengecekan terkait data peserta, seleksi administrasi diikuti sebanyak 265 peserta.

“Memang ditemukan beberapa nama peserta yang rangkap dua. Misalnya peserta itu sudah mendaftar, tapi karena ragu-ragu, dia mendaftar ulang. Dengan demikian sistem akan mencatat data baru dengan peserta yang sama,” jelasnya.

Mantan Kepala Kanwil Kemenag Jawa Barat ini menambahkan, setelah mendapatkan data bersih sebanyak 265 peserta, tim seleksi administrasi dengan berbagai pertimbangan memutuskan meluluskan 211 peserta.

“Kami berharap peserta yang belum lulus tidak berkecil hati. Sementara peserta yang sudah dinyatakan lulus, buktikan bahwa kalian pantas untuk mengikuti seleksi imam masjid untuk UEA ini,” katanya.

Sementara itu, Kasubdit Kemasjidan Ahmad Zamroni menerangkan, 211 peserta yang telah dinyatakan lulus selanjutnya akan mengikuti tes tulis secara daring pada Kamis hingga Sabtu, 2-4 Juni 2022.

“Mereka akan dites oleh tim penguji secara daring. Tes bagi 211 peserta calon imam masjid ini meliputi ilmu tajwid, hukum fikih, serta seputar wawasan tentang Islam wasatiah. Hasil tes ini akan diumumkan pada Senin, 6 Juni 2022,” katanya.

Untuk informasi peserta yang lulus administrasi dapat mengunjungi website Bimas Islam di bimasislam.kemenag.go.id, pilih menu Seleksi Calon Imam Masjid UEA, pilih Pengumuman, pilih Hasil Seleksi Administrasi atau unduh di https://bit.ly/SeleksiAdministrasi2022. (L/R2/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.