Kemenag Undi Penempatan Pemondokan Jamaah Haji Indonesia 2016

Jakarta, 17 Ramadhan 1437/22 Juni 2016 (MINA) – Kementerian Agama (Kemenag) RI melakukan Qur’ah (pengundian) penempatan pemondokan Jamaah Haji Indonesia 2016 di Hotel Mercure Harmoni Jakarta, hari ini Rabu (22/6).

“Kita (kementerian agama) mengundang kepala kanwil kementerian agama di seluruh Indonesia, yang juga dihadiri pimpinan Komisi VIII DPR RI, Komisi Penyelenggaraan Haji (KPHI), dan beberapa kementerian lembaga terkait, untuk mengadakan qurah,” ujar Menteri Agama Lukman Hakim di sela acara. Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Ia menjelaskan, Qur’ah adalah undian bagi seluruh jamaah haji Indonesia yang terbagi dalam kloter-kloter untuk nanti ditempatkan di penginapan hotel yang terletak di Makkah atau Madinah. Ada 117 hotel di Mekah, dan 103 hotel di Madinah yang akan ditempati seluruh jamaah haji Indonesia.

“Jamaah kita sejumlah 155.200 orang, kloter mana, embarkasih mana, menempati hotel mana itu dengan cara diundi, sore kali ini kita akan melakukan undian itu,” katanya.

Dilakukannya undian penempatan pemondokan jamaah haji untuk menegakkan keadilan, karena masing-masing hotel yang ada di Mekah dan Madinah itu berbeda-beda.

“Supaya tidak ada yang iri maka cara yang selama ini kita terapkan adalah diundi. Dengan diundi maka menempatkan jamaah adil karena tidak berdasarkan pertimbangan yang lain semata-mata karna inilah undian yang menentukan” tutupnya. (L/M09/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)