Kemendikbud Akan Tarik Buku Ajar yang Sudutkan NU

Jakarta, MINA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan () akan menarik buku pelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 kelas V Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang menyudutkan Nahdlatul Ulama () sebagai ‘.’

Hal itu sebagai respon cepat atas protes Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif dan Pengurus Besar Nadlatul Ulama (PBNU) mendatangi Kemendikbud di Jakarta pada Rabu (6/2).

Terkait ini, Kemendikbud memberikan apresiasi atas peran aktif NU memberikan masukan untuk merevisi isi buku pelajaran kepada Kemendikbud. 

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 8 Tahun 2016, bagian isi buku teks wajib, aspek kebahasaan, aspek penyajian, dan aspek kegrafikaan. Masyarakat diharapkan dapat melaporkan dan memberikan kritik, komentar, serta masukan terhadap buku yang digunakan oleh Satuan Pendidikan.

“Buku yang sudah dirilis mengeluarkan kekurang tepatan. Untuk itu, undian masyarakat atau para pembaca itu sangat diperlukan untuk memberikan masukan,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemendikbud, Totok Suprayitno usai pertemuan dengan berbagai organisasi dan lembaga masyarakat NU. 

Masduki Baidlowi, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PBNU mengungkapkan bahwa tujuan pertemuan NU dengan Kemendikbud adalah untuk melakukan klarifikasi agar tidak terjadi kesalahpahaman yang berlarut di masyarakat.

“Kemudian bagaimana agar buku itu segera ditarik, baik ebook maupun cetak, dan segera direvisi. Kami dari PBNU siap diundang untuk urun rembug dalam mencoba revisinya,” kata Baidlowi. 

Senada dengan Baidlowi, Ketua LP Ma’arif, Arifin Junaidi, mengapresiasi kecepatan Kemendikbud dalam menanggapi masyarakat terkait isi di dalam buku pelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 tema 7 untuk kelas V SD/MI berjudul “Pristiwa Dalam Kehidupan” yang diterbitkan tahun 2017.

“Sebab jika ini tidak cepat-cepat direspons, nanti ini bisa melebar ke mana-mana. Kami menghargai Pak Menteri dengan jajarannya yang sudah cepat dalam merespons masalah ini. Mudah-mudahan ke depan tidak ada lagi yang seperti ini,” katanya.  

Kemendikbud segera dikeluarkan buku pelajaran tematik selesai kurikulum 2013 tema 7 berjudul Peristiwa dalam Kehidupan. Kemudian segera lakukan revisi dengan mengundang para pakar yang relevan di dalam prosesnya. (L / R10/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.