Kemendikbud Bangun Pusat Pengembangan PAUD dan Pendidikan Keluarga untuk ASEAN

Jakarta, MINA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membangun Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini () dan Pendidikan Keluarga untuk regional Asia Tenggara () atau Southeast Asian Ministers of Education Regional Centre for Early Childhood Care and Education and Parenting (SEAMEO CECCEP).

SEAMEO CECCEP berlokasi di salah satu unit pelaksana teknis (UPT) Kemendikbud di Jawa Barat, yaitu Pusat Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat di Jayagiri, Lembang, Jawa Barat.

Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, Kemendikbud berinisiatif mendirikan SEAMEO CECCEP karena memahami fungsi keluarga atau orang tua sebagai pendidik yang utama bagi anak usia dini.

“Keluarga akan kita beri ruang yang cukup untuk proses pembelajaran,” ujarnya. Muhadjir menuturkan, pendidikan kepada orang tua juga akan menjadi program pemerintah (Kemendikbud), demikian keterangan pers Kemendikbud.

Pembangunan SEAMEO CECCEP bertujuan untuk mendukung program nasional dan melaksanakan implementasi prioritas nomor 1 dalam SEAMEO Seven Priority Areas, yaitu mencapai pendidikan universal bagi anak usia dini.

SEAMEO CECCEP merupakan Regional Centre ke-7 yang dimiliki SEAMEO di Indonesia. Hingga saat ini telah hadir enam Regional Center, yaitu SEAMEO QITEP in Language di Jakarta, SEAMEO QITEP in Mathematics di Yogyakarta, SEAMEO QITEP in Science di Bandung, SEAMEO REFCON (Food and Nutrition), dan SEAMEO SEAMOLEC (Open Learning Centre).

Peresmian pendirian SEAMEO CECCEP dilakukan di sela-sela penyelenggaraan Konferensi Tingkat Menteri Pendidikan Asia Tenggara ke-49  (49th SEAMEO Council Conference) melalui penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA), di Jakarta, Selasa (25/7).

Sebelumnya, sejak tahun lalu Kemendikbud telah mengundang delegasi negara anggota SEAMEO untuk berdiskusi dan meminta saran dalam pembangunan SEAMEO CECCEP.

Semua negara sepakat untuk membangun SEAMEO CECCEP dengan misi meningkatkan komitmen regional dan global untuk perbaikan kualitas PAUD dan pendidikan keluarga. (T/R05/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Fauziah Al Hakim

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.