Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kemenkes Berikan Penghargaan Nakes Teladan 2024 kepada Corona Rintawan

kurnia Editor : Rudi Hendrik - Selasa, 13 Agustus 2024 - 11:09 WIB

Selasa, 13 Agustus 2024 - 11:09 WIB

78 Views ㅤ

Dokter Corona Rintawan (Foto: MU)

Jakarta, MINA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan penghargaan Tenaga Kesehatan (Nakes) Teladan Tahun 2024  kepada Ketua Bidang EMT MDMC PP Muhammadiyah, dr Corona Rintawan, Sp.EM., KDM.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam puncak acara Penganugerahan Penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan Tahun 2024 yang digelar di PIK Avenue, Swisôtel, Jakarta, Selasa (13/8).

Dokter Corona, yang lahir pada 1 Januari 1975, adalah seorang dokter spesialis kedaruratan medis yang telah berpengalaman dalam berbagai misi kemanusiaan.

Sejak tahun 2003, ia aktif dalam penanganan bencana dan telah memimpin tim medis Muhammadiyah dalam berbagai respons bencana, termasuk sebagai koordinator upaya medis Muhammadiyah dalam penanggulangan pandemi Covid-19 melalui Muhammadiyah Covid Command Center (MCCC).

Baca Juga: Kemenkes: Terinfeksi Mpox Perlu Pengobatan

Pada tahun 2013, ia dikirim ke Filipina untuk membantu korban Topan Haiyan dan pada 2015 ke Nepal seusai gempa bumi. Selain itu, Dokter Corona juga memimpin tim “Muhammadiyah Aid” di Cox’s Bazar, Bangladesh pada 2017 untuk membantu pengungsi Rohingya. Ia juga menjabat sebagai Staff Khusus Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada tahun 2020.

Sebagai salah satu perintis Emergency Medical Team (EMT) di Indonesia, Dokter Corona melalui EMT International Muhammadiyah membawa EMT Muhammadiyah menuju verifikasi oleh WHO. EMT Muhammadiyah akan menjadi EMT pertama di Indonesia yang terverifikasi oleh badan kesehatan dunia tersebut.

Dokter Corona juga dipercaya untuk mempresentasikan pengalaman dan upaya Muhammadiyah dalam penanganan bencana pada pertemuan Emergency Medical Team (EMT) Global di Yerevan, Armenia yang diselenggarakan oleh WHO. Terbaru, pada respons gempa bumi di Turkiye, Februari 2023, ia ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan RI sebagai Wakil Ketua Tim Bantuan Kemanusiaan Indonesia.

Pada akhir Juni 2024, Dokter Corona menerbitkan buku berjudul “Menembus Batas, Memoar Seorang Tenaga Medis di Medan Bencana” yang berbagi kisahnya selama berkiprah di dunia kemanusiaan. Ia menyampaikan rasa syukur dan dedikasi penghargaan ini kepada semua tenaga kesehatan yang terus berjuang di medan bencana.

Baca Juga: Lima Cara Efektif Hilangkan Jerawat Batu

“Semoga Allah meridai dan memberi berkah untuk kita semua. Aamiin,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Selain Dokter Corona, Anggi Setiawan, anggota EMT Muhammadiyah dari RS PKU Muhammadiyah Metro, Lampung, juga masuk dalam nominasi penghargaan yang sama. []

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Baca Juga: WHO Keluarkan Rekomendasi Vaksin Mpox, Cek Daftarnya

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
MINA Health
MINA Health
MINA Health
MINA Health
MINA Health
Palestina
Palestina
MINA Preneur
Palestina