Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kemenkes Gaza Terima 1,26 Juta Dosis Vaksin Polio

Habib Hizbullah Editor : Widi Kusnadi - Selasa, 27 Agustus 2024 - 15:56 WIB

Selasa, 27 Agustus 2024 - 15:56 WIB

20 Views

Seorang pekerja membongkar kiriman vaksin polio yang diberikan dengan dukungan dari UNICEF ke Jalur Gaza melalui penyeberangan Karm Abu Salem, yang juga dikenal sebagai Kerem Shalom, di depot milik Kementerian Kesehatan Gaza pada 25 Agustus 2024. (Photo: Eyad Baba/AFP)

Gaza, MINA – Kementerian Kesehatan Gaza mengumumkan bahwa mereka menerima 1,26 juta dosis vaksin polio.

“Sebanyak 1,26 juta dosis vaksin polio OPV2 telah tiba, bersama dengan 500 pendingin vaksin,” kata kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan, MEMO melaporkan.

“Persiapan sedang dilakukan untuk meluncurkan kampanye (vaksin) dengan berkoordinasi dengan para mitra,” tambah kementerian tersebut, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Pada 16 Agustus, kementerian mengumumkan kasus polio pertama yang dikonfirmasi di Jalur Gaza dalam 25 tahun, di kota Deir al-Balah. Kasus tersebut melibatkan seorang bayi berusia 10 bulan yang belum menerima dosis vaksin polio apa pun.

Baca Juga: Israel Bunuh 173 Jurnalis Palestina Sejak Oktober 2023 

Penyakit ini terutama menyerang anak-anak di bawah usia lima tahun, dengan satu dari 200 infeksi menyebabkan kelumpuhan yang tidak dapat disembuhkan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), antara 5 persen dan 10 persen dari mereka yang lumpuh meninggal karena kegagalan fugsi otot-otot pernapasan.

Israel telah melanjutkan serangan brutalnya di Jalur Gaza setelah operasi balasan pejuang Palestina pada 7 Oktober lalu, meskipun ada resolusi DK PBB yang menyerukan gencatan senjata segera.

Serangan gencar tersebut telah mengakibatkan lebih dari 40.400 kematian warga Palestina, sebagian besar wanita dan anak-anak, dan lebih dari 93.000 orang cedera, menurut otoritas kesehatan setempat.

Blokade Israel terhadap Gaza telah menyebabkan kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan yang parah, yang menyebabkan sebagian besar wilayah tersebut hancur.

Baca Juga: Israel Gali Parit di Perbatasan Yordania

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional, yang putusan terbarunya memerintahkannya untuk segera menghentikan operasi militernya di kota selatan Rafah, tempat lebih dari 1 juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang sebelum diserang pada 6 Mei.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Pemukim Ilegal Israel Rebut Apartemen Palestina di Yerusalem

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Palestina
Eropa
Palestina
Internasional
Palestina