KEMENKES: ISRAEL BUNUH 72 WARGA PALESTINA SEJAK AWAL OKTOBER

(dok. Worldbulletin)
(dok. Worldbulletin)

Gaza, 20 Muharram 1437/2 November 2015 (MINA) – Kementerian Kesahatan Palestina mengungkapkan, sejak awal Oktober setidaknya pasukan penjajahan Israel membunuh 72 warga Palestina, yang sebagian besarnya adalah pemuda.

“Seorang pemuda Palestina tewas oleh pasukan Israel di Tepi Barat yang diduduki pada Sabtu (31/10), sehingga jumlah warga Palestina yang tewas oleh pasukan Israel terhitung sejak 1 Oktober mencapai 72 orang,” bunyi keterangan resmi Kementerian Kesehatan Palestina. Demikian Worldbulletin dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin (2/11).

Keterangan Kementerian Kesehatan Palestina itu dibenarkan oleh juru bicara militer Israel, Peter Lerner bahwa tentara Israel membunuh Mahmoud Nazzal, 18 tahun, yang dituduh hendak menusuk seorang tentara Israel di Gilboa, persimpangan dekat kota Afula di Israel utara.

Menurut saksi mata, pasukan Israel menembak Nazzal enam kali sebelum meninggalkannya tergeletak kehabisan darah. “Mereka mencegah petugas penyelamat dari Bulan Sabit Merah Palestina untuk mengobati pemuda itu,” ujarnya.

Pada hari yang sama, Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Al-Maliki mengatakan, Presiden Palestina Mahmoud Abbas meminta Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) untuk memulai penyelidikan langsung kejahatan Israel terhadap rakyat Palestina.

Al-Maliki menegaskan, Presiden Mahmoud Abbas menyerukan untuk segera mengirim delegasi ICC ke wilayah Palestina guna mendokumentasikan pelanggaran Israel terkait hak asasi manusia yang sedang berlangsung. (T/P011/nrz/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0