Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kemenlu Brazil: Sempat Tertahan, Wargannya Berhasil Keluar dari Gaza

Insaf Muarif Gunawan - Selasa, 14 November 2023 - 00:00 WIB

Selasa, 14 November 2023 - 00:00 WIB

4 Views

Gaza, MINA – Kementrian Luar Negeri Brasil melaporakan sebanyak 32 warga Brasil berhasil keluar dari Gaza yang sempat terjebak  selama berpekan-pekan akhirnya berhasil melewati Perbatasan Rafah dan memasuki wilayah Mesir, Ahad (12/11) kemarin. Tertahannya 32 individu itu sempat memicu ketegangan diplomatik antara Brasil dan Israel.

“Sebanyak 32 warga Brasil dan keluarganya sudah berada di wilayah Mesir, di mana mereka diterima tim dari Kedutaan Besar Brasil di Kairo, yang bertanggung jawab atas langkah terakhir operasi repatriasi,” tulis Kemelu Brasil di media sosial X.

Berdasarkan laporan New Arab, Senin (13/11). Mereka rencananya akan dipulangkan ke Brasil pada Senin malam, dan diperkirakan bertemu Presiden Luiz Inácio Lula da Silva saat ketibaan.

Menurut Kemenlu Brasil, dua dari rombongan puluhan warga Brasil tersebut memutuskan tetap tinggal di Mesir atas alasan pribadi. Jumlah keseluruhan rombongan terdiri dari 17 anak-anak, sembilan perempuan, dan enam laki-laki.

Baca Juga: Pembuat Walkie-Talkie Jepang Selidiki Penyebab Ledakan di Lebanon

Wilayah Gaza telah dibumihanguskan militer Israel secara brutal sejak 7 Oktober, dengan angka kematian telah mencapai lebih dari 11.180 orang. Sementara itu, serangan kejutan pejuang Hamas pada 7 Oktober yang menembus pertahanan Israel telah menewaskkan sekitar 1.200 orang.

Ketidaksigapan pembebasan warga Brasil yang terjebak di wilayah perang sempat memicu ketegangan antara Brasil dan Israel. Pekan lalu, agen mata-mata Israel, Mossad, mengakui bahwa pihaknya membantu menggagalkan serangan Hizbuullah di Brasil.

Sementara itu kehadiran Duta Besar Israel untuk Brasil bersama mantan presiden sayap kanan Jair Bolsonaro, sekutu Israel sekaligus musuh politik Lula, tampaknya membuat kesal sejumlah pejabat Brasil. (T/R8/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Masuk Jebakan Al-Qasam Tentara Israel Tewas di Rafah

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Internasional
Indonesia
MINA Health
MINA Health