Kemenlu RI Promosikan Warisan Budaya Indonesia kepada Diplomat

Jakarta, 28 Jumadil Akhir 1437/ 7 April 2016 (MINA) – Kementerian Luar Negeri Republik selenggarakan acara Cultural Coffee Morning pada hari ini (7/4) di Ruang Nusantara Kementerian Luar Negeri.

Kegiatan ini adalah program diplomasi publik untuk mempromosikan Nusantara Indonesia baik musik, tarian, busana maupun kuliner tradisonal kepada komunitas diplomatik di Jakarta.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Cultural Coffee Morning bernuanasa dan ini diselenggarakan berdekatan dengan perayaan hari Kartini yang dirayakan setiap tanggal 21 April.

Acara ini menampilkan pagelaran kesenian berubah Sinden Sunda dan lagu-lagu nusantara seperti Cintailah Cinta dan Aku Bangga Jadi Anak Indonesia persembahan Sanggar Duta Cinta yang diasuh oleh budayawan wanita Indonesia, Titiek Puspa. Sanggar Gema Citra Nusantara juga akan mempersembahkan tarian khas Betawi, Kembang Kipas.

Selain itu juga diadakan peragaan busana dari salah satu produsen batik ternama di Indonesia, Danar Hadi. Busana dari produsen asal Surakarta tersebut ditampilkan oleh para pemuda dan pemudi diplomat Indonesia dengan fokus kombinasi pakaian batik kerja modern dengan nuansa tradisonal.

“Batik merupakan salah satu warisan Indonesia dan mempunyai filosofi yang juga menjadi penghubung antara persahabatan Indonesia dan negara lainnya,” ujar Menlu Retno pada pembukaan Cultural Coffee Morning di depan peserta komunitas ibu-ibu pejabat dan diplomat.

Pada acara tersebut hadir wakil dari kalangan diplomatik, antara lain kepala perwakilan asing wanita di Indonesia, istri para menteri Kabinet Kerja, dan pimpinan organisasi internasional serta anggota Women International Club di Jakarta.

Para undangan juga berkesempatan untuk menikmati sajian kuliner Indonesia diantaranya makanan Khas Jawa, Sulawesi dan Nusa Tenggara serta jamu tradisonal.

Acara ini menampilkan pertunjukan oleh Saung Angklung Udjo (SAU). Kelompok SAU didirikan tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena bersama istri, Uum Sumiati yang menjadi pusat budaya dan workshop budaya Sunda.

Angklung telah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Dunia asal Indonesia oleh UNESCO pada tahun 2010, bersama dengan batik pada tahun 2009 dan keris pada tahun 2005. (L/P007/R04/P001).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.