Kemenpora Siapkan Protokol Kesehatan untuk Olahraga

Jakarta, MINA – Kementerian Pemuda dan Olahraga () tengah menyiapkan yang akan jadi landasan olahraga masyarakat seluruh Indonesia, baik olahraga  prestasi maupun olahraga rekreasi  di tengah pandemi atau menyambut new normal.

Dalam protokol tersebut, hal yang paling diatur adalah protokol olahraga masyarakat. dan protokol bagi para atlet agar bisa kembali menggelar latihan maupun melanjutkan kompetisi olahraga nasional

“Olahraga masyarakat seperti jalan sehat, senam bersama, bersepeda, saya kira kita harus ada protokolnya supaya teratur, tetap berolahraga, tetap produktif tapi protokol kesehatannya dijalankan,” kata Menpora Zainuddin Amali dalam keterangan tertulis, Jumat (5/6).

Sementara untuk olahraga prestasi, Kemenpora akan membuat protokol kesehatan secara umum, untuk detailnya Kemenpora menyerahkan kepada cabang olahraga yang lebih mengetahui.

Baca Juga:  Daftar 16 Negara Peserta Sepakbola Olimpiade 2024

Protokol kesehatan sendiri dikatakan Menpora bakal selesai satu hingga dua hari ke depan dan nantinya akan disebarkan kepada cabor-cabor.

“(Protokol kesehatan-red) Tunggu satu dua hari ini kita akan selesaikan, tinggal ada satu dua poin saja,” katanya.

Menpora menyampaikan, Kemenpora tidak perlu mengatur terlalu detail, tapi sifatnya panduan untuk umum.

“Kita atur secara umum dan detailnya kita serahkan kepada cabor-cabor, yang penting protokolnya untuk menjaga kesehatan para atlet, pelatih dan sekitarnya,” jelas Menpora.

Sebelumnya, Menpora telah berdiskusi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dalam merumuskan protokol tersebut.

“Kami juga akan koordinasikan dengan kementerian terkait, seperti Kemenkes, Kemenko PMK, BNPB dan berbagai sektor yang terkait dalam penanganan COVID-19,” katanya.

Baca Juga:  Daftar 16 Negara Peserta Sepakbola Olimpiade 2024

Seperti diketahui, dalam kajian awal Kemenko Perekonomian dalam menyambut new normal, olahraga luar ruangan sudah diperbolehkan dihelat kembali pada fase ketiga atau 15 Juni 2020 yang tentunya dengan protokol kesehatan.

Bahkan kompetisi profesional Liga 1 dan Liga 2 2020 dikabarkan akan bergulir kembali pada Oktober mendatang. (R/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.