Kemenpora: Sosialisasi Vaksinasi bagi Atlet dan Official

Jakarta, MINA – Plt. Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Chandra Bhakti didampingi Kepala Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kesehatan Olahraga Nasional (PPITKON) Edi Nurinda membuka Sosialisasi Vaksinasi bagi Atlet dan Official dalam Rangka Event Nasional dan Internasional di Function Hall Gedung FX Mall, Jakarta, Jumat (6/3) siang.

Chandra Bhakti menghimbau terkait maraknya pemberitaan tentang tidak perlu terlalu dikhawatirkan, yang perlu dilakukan adalah antisipasi dengan menjaga kebersihan diri.

“Kemenkes telah memberikan himbauan, tinggal kita patuhi dengan menjaga kesehatan diri dan melalui kegiatan ini kita akan sosialisasikan lebih jauh tentang Covid-19 kepada atlet dan pengurus cabang olahraga, dan semoga bisa tersampaikan ke semua atlet dan pengurus cabor,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima MINA, Sabtu (7/3).

“Sejak adanya virus Corona kita telah memberikan informasi kepada induk cabang olahraga termasuk himbauan untuk mengatur dan mempertimbangkan kembali bagi atlet dan cabor yang akan mengikuti kualifikasi try out ke luar negeri,” tambahnya.

Kepala PPITKON Edi Nurinda mengatakan, pada prinsipnya  memberikan edukasi dan sosialisasi kepada seluruh atlet, pengurus dan stakeholder keolahragaan terkait Covid-19 ini.

“Kita juga bekerjasama dengan NOC Indonesia terkait pengiriman atlet ke luar negeri supaya terhindar dari bahaya paparan dari virus Covid-19 ini, di sisi lain kita juga membantu meningkatkan imun tubuh pada atlet supaya mereka bisa survive dan terjaga imunitasnya,” lanjut Edi.

Ketua Komite Olympiade Indonesia (NOC) Raja Sapta Oktohari juga menekankan tentang kewaspadaan terkait Covid-19 karena keselamatan dan kesehatan atlet adalah segala-galanya.  Tidak terbatas kepada Olimpiade Tokyo tetapi hingga multievent lainnya termasuk Olimpiade Indonesia 2032.

“Kita tidak perlu terlalu ketakutan, waspada perlu, karena saat ini para atlet dalam kondisi prima. Melalui sosialisasi ini harus fahami virus ini bukan virus terbang tapi yang ditularkan melalui droplet (bersin) dan ada langkah pencegahannya seperti yang dicontohkan Presiden,” kata Okto.

Menurutnya, Presiden IOC telah menyampaikan secara resmi bahwa Olimpiade Tokyo 2020 tetap berjalan sesuai waktunya, sehingga semua proses persiapan harus dijaga dan dimaksimalkan untuk menambahkan kualifikasi atlet kita.

“Di situs resminya Presiden IOC telah menyampaikan secara resmi bahwa Olimpiade Tokyo 2020 tetap berjalan tepat pada waktunya dan semoga kita bisa lebih banyak atlet yang lolos kualifikasi dari Olimpiade 2016,” ujarnya.

Pentingnya acara ini hingga menghadirkan para narasumber seperti dari PPITKON Dr. Haryono, Dr Ansyari Sarifudin, Dirjen P2P Kemenkes Benget Saragih dan beberapa lainnya.

Turut hadir pada Sosialisasi ini Sesdep Pembudayaan Olahraga Suryati, Staf Khusus Bidang Pengembangan dan Prestasi Olahraga M. Nigara, General Manager Sanofi Indonesia Joselito Sta. Ana, Kabag Humas Isa Ansyari dan para Ketua Induk Cabor. (R/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)