KEMENTERIAN AGAMA GELAR EKSPOSE SERTFIKASI GURU TAHUN 2015

Menteri Agama (Foto: Kemenag)
Menteri Agama (Foto: Kemenag)

Jakarta, 23 Shafar 1437/5 Desembber (MINA) – Kementerian Agama menggelar Ekspose Sertifikasi Guru Tahun 2015 di Hotel Borobudur, Jakarta yang dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Jumat (4/12) malam.

“Guru sesungguhnya adalah pemilik saham utama dalam setiap keberhasilan. Akan tetapi, guru tidak pernah menerima bagi hasilnya,” kata Lukman. Sebagaimana siaran pers resmi Kemenag yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Lukman mengatakan, acara tersebut merupakan bagian dari apresiasi Kementerian Agama terhadap para guru. Prestasi dan dedikasi para guru luar biasa. Mereka  mendidik generasi muda sehingga Indonesia bisa menjadi bangsa yang besar,  bermartabat,  berperadaban, dan  bermoral.

“Keberadaan guru memang sangat dinamis. Setiap hari mereka menggali inovasi dan selalu membagikannya,” kata Lukman.

“Di madrasah,  sekolah,  pesantren,  perguruan tinggi, kita dituntun untuk saling asah, asih dan asuh, sehingga  kita memiliki jiwa yang merdeka,  toleran, dan mau bersama-sama membangun masyarakat Indonesia yang rukun dan damai dalam kebhinnekaan,” kata Lukma menambahkan.

Menurutnya, guru berperan besar dalam kelangsungan NKRI. “Maka, bagaimanakah jadinya bila guru tidak diopeni dengan baik? Bagaimanakah jadinya bila guru dibiarkan begitu saja?” tanya Lukman kepada peserta ekspose.

Gebyar ekspose sertifikasi guru dimaksudkan untuk memaparkan kepada publik atas capaian pelaksanaan program sertifikasi guru Kementerian Agama yang telah berjalan sejak tahun 2007 hingga 2015 saat ini.

Selain itu, Kemenag mencoba melaksanakan amanat UU Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, antara lain, dengan berupaya menciptakan iklim profesionalisme di lingkungan kerja guru, demi terjangkaunya citra ideal perfomance guru Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Pendis Kamaruddin Amin melaporkan bahwa jumlah total guru pada Kementerian Agama mencapai angka yang fantastis, yakni 1.100.238 orang.

Dengan rincian; guru PAI sebanyak 232.415, guru Madrasah sebanyak 813.590. Jumlah guru yang sudah tersertifikasi mencapai 565.392, dengan rincian: sertifikasi guru Madrasah sebanyak 387.749, sertifikasi guru PAI sebanyak 168.355. Adapun guru yang belum tersertifikasi, berjumlah 534.846 orang. (T/P010/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0