Kementerian Agama Kokohkan Kerjasama Dengan Badan Pusat Statistik

Jakarta, 15 Ramadhan 1437/20 Juni, 2016 (MINA) – Kementerian Agama () RI dan () melakukan penandatanganan nota kesepahaman tentang penyediaan serta pemanfaatan data dan informasi statistik bidang agama di Gedung Kemenag Jakarta, Senin (20/6).

“Penandatanganan MoU baru saja ditandatangani sesungguhnya ini adalah peneguhan kembali dari kerjasama (antara Kemenag dan BPS) yang telah dibangun selama ini,” ujar Menteri Agama Saifuddin dalam sambutannya.

Kemenag dengan BPS sejak 2010 telah melakukan kerjasama namun hanya sebatas survei kepuasan jamaah ibadah haji saja. Menag Lukman berharap kedepannya kerjasama penyediaan informasi dan data ini bisa menyeluruh dalam sektor keagamaan seperti zakat, ibadah, kerukunan agama, dan lain-lain.

“Perlu untuk menggandeng BPS dalam rangka penyediaan data informasi terkait agama yang berkualitas, sebelumnya memang sudah menjalin kerjasama tapi hanya batas survei kepuasan jamaah haji,” katanya.

“Semoga dengan MoU ini sinergi antar semua pihak bisa kita kawal dan kita tingkatkan di masa depan. Saya ucapkan terima kasih yang banyak kepada BPS yang telah bersedia selama ini memberikan banyak data dan informasi terkait banyak hal khususnya terkait keagamaan,” tutur Menag.

“Bagaimana pun juga negara harus memiliki dan mempunyai data informasi yang kuat validitas dan keakuratan fakta, harus dari satu sumber. Tentu tidak lain adalah BPS di Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), mengatakan kerjasama ini selaras dengan visi dan misi antara kedua belah pihak.

“Melalui kerjasama ini kami berharap bisa membantu Kemenag yang visinya mewujudkan masyarakat Indonesia taat beragama, mandiri, dan cerdas. BPS juga mewujudkan misinya untuk menjadi pelopor data statistik terpercaya untuk semua,” ujarnya.

Terlebih lagi setelah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengeluarkan pernyataan bahwa hanya ada satu lembaga yang bertanggung jawab mengurusi data, yakni BPS. Suryamin mengaku hal ini menjadi tantangan yang cukup besar untuk menyajikan informasi dan data yang ril. (L/M09/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: habibi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.