Kementerian BUMN Akan Salurkan Peralatan Laboratorium ke 10 Provinsi

Jakarta, MINA – Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara () Arya Mahendra Sinulingga mengatakan, Kementerian BUMN  akan mengirim alat-alat laboratorim ke 10 provinsi sebagai bentuk dukungan pemerintah pusat terhadap daerah menanggulangi pandemi baru virus corona ().

“Pak Erick Thohir melihat kebutuhan alat tes COVID-19 di beberapa provinsi masih kurang. Untuk tahap pertama, alat-alat laboratorium itu akan disebar ke 10 provinsi,” ujar Arya dalam keterangannya di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (24/3).

Arya melanjutkan, Kementerian BUMN masih memetakan terlebih dahulu tiap-tiap daerah tersebut berdasarkan kebutuhan dan skala prioritas. Sehingga pemerintah tidak salah sasaran supaya alat-alat dapat digunakan sebagaimana fungsi dan tujuannya.

“Untuk provinsi mana saja, tentu otoritas terkait akan memetakan terlebih dahulu wilayah dengan tingkat penyebaran COVID-19 tinggi,” katanya.

Di samping mengirim alat medis, Kementerian BUMN juga telah membahas pengalih-fungsian sejumlah fasilitas umum untuk menjadi rumah sakit darurat COVID-19 dengan pemerintah daerah, melalui pemanfaatan aset yang dimiliki daerah di bawah Kementerian Agama seperti Asrama Haji.

“Kami ditugaskan mencari tempat yang dapat menampung banyak orang. Jika misalnya, untuk di daerah kita dapat menggunakan asrama haji, nanti kita kerja sama dengan Kementerian Agama,”pungkasnya. (R/Hju/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)