Kementerian Haji Saudi: Warga Qatar Bebas Melaksanakan Ibadah Haji dan Umroh

Jeddah, MINA – Meskipun terjadi krisis Teluk yang sedang berlangsung, Kerajaan Arab Saudi menyambut dan mempersilakan semua warga dari Qatar yang ingin melaksanakan ibadah haji dan umrah, kata Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Kementerian menambahkan, mereka dapat melakukan kunjungan ibadah setiap saat, terlepas dari Kuartet Anti-Teror (ATQ) – di mana Arab Saudi dan sekutunya melakukan blokade terhadap Qatar karena dianggap mendukung terorisme.

Bagi yang melaksanakan Umrah dari Qatar dapat terbang ke Arab Saudi dengan maskapai penerbangan selain Qatar Airways, kata kementerian tersebut sebagaimana diberitakan Arab News dan dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jumat (21/7).

Warga Qatar dengan visa residensi Qatar yang memiliki izin haji dari kementerian Saudi dan dari badan-badan terkait di Qatar dapat memasuki Arab Saudi dengan maskapai penerbangan yang dipilih oleh Doha dan disetujui oleh Otoritas Umum untuk Penerbangan Sipil (GACA) Saudi Arabia.

Mereka harus masuk hanya melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah dan Bandara Pangeran Mohammed bin Abdul Aziz di Madinah selama musim haji saat ini, kata kementerian tersebut.

Jumlah total visa jemaah haji tahun ini mencapai rekor 6,75 juta, kementerian menambahkan. (T/B05/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)