Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kementerian Israel Danai Kampanye Islamofobia Bernilai Jutaan Dolar

sri astuti Editor : Widi Kusnadi - Kamis, 18 Juli 2024 - 10:59 WIB

Kamis, 18 Juli 2024 - 10:59 WIB

19 Views

YAHUDI AMERIKA
Komunitas Yahudi Lawan Islamophobia menentang Islamophobia dan rasisme (Foto: Indypendent)

Tel Aviv, MINA – Kementerian Urusan Diaspora Israel mendanai kampanye Islamophobia berkedok penanganan disinformasi senilai jutaan dolar, untuk menyebarkan kebencian terhadap Muslim.

Al Jazeera mengungkap, kampanye tersebut, yang menargetkan anggota parlemen AS dan menyebarkan konten Islamofobia, dimulai tidak lama setelah tanggal 7 Oktober dan telah menimbulkan kekhawatiran serius mengenai operasi pengaruh asing dan penggunaan kecerdasan buatan dalam menyebarkan informasi yang salah.

Operator dari operasi ini adalah Stoic, sebuah perusahaan pemasaran yang berbasis di Tel Aviv, yang dilaporkan menerima USD 2 juta dari kementerian Israel untuk menjalankan kampanye tersebut. Operasi ini memanfaatkan AI untuk menghasilkan konten online yang menipu dalam jumlah besar, menandai era baru dalam kemudahan dan skala kampanye pengaruh.

Dikutip dari MEMO, keberadaan kampanye ini terungkap pada awal tahun 2024 ketika para peneliti mulai memperhatikan pola mencurigakan di seluruh platform media sosial.

Baca Juga: Bertemu Raja Malaysia, Prabowo Sampaikan Komitmen Kerja Sama Bilateral

Sejumlah akun palsu diidentifikasi menyebarkan konten pro-Israel, terutama berfokus pada penggalangan dukungan terhadap tindakan Israel di Gaza. Akun-akun ini sebagian besar terkait dengan tiga situs web: “Aliansi Moral”, “Majalah Unfold” dan “Non-Agenda”. Secara kolektif, situs-situs ini mengumpulkan lebih dari 40.000 pengikut di Facebook, Instagram, dan X.

Kampanye tersebut melibatkan penerbitan artikel-artikel pro-Israel, yang seringkali diambil dari outlet berita resmi, dan kemudian membagikannya melalui ratusan akun media sosial palsu.

Salah satu contohnya adalah artikel yang melaporkan dugaan keterlibatan staf UNRWA dalam serangan 7 Oktober. Para peneliti mencatat bahwa konten tersebut sering diulang kata demi kata di beberapa akun, menargetkan individu yang sama dengan postingan dan balasan yang identik.

Hal yang paling mengkhawatirkan adalah kampanye ini tidak hanya sekedar mempromosikan narasi pro-Israel. Mereka dikatakan secara aktif menghasilkan dan menyebarkan konten Islamofobia, berupaya memobilisasi sentimen anti-Muslim sayap kanan.

Baca Juga: Sebanyak 6.251 Siswa di Mesir Selesaikan Hafalan Al-Quran Sekali Duduk

Salah satu situs web yang terkait dengan kampanye tersebut, “United Citizens for Canada”, bahkan menyebut imigran Muslim sebagai ancaman bagi Kanada.

Strategi kampanye tersebut tampaknya memiliki banyak aspek, tidak hanya mengecilkan dukungan terhadap warga Palestina tetapi juga berupaya membuat perpecahan antara komunitas minoritas di AS dan pendukung pro-Palestina.

Para ahli yang meneliti kampanye tersebut berpendapat bahwa dengan secara aktif mempromosikan Islamofobia, operasi tersebut telah melampaui batas dari misinformasi menjadi ujaran kebencian, sehingga menimbulkan pertanyaan etika dan hukum yang serius.

Skala dan kecanggihan operasi ini dimungkinkan berkat penggunaan ChatGPT, alat kecerdasan buatan yang dibuat oleh OpenAI. AI digunakan untuk menghasilkan sebagian besar postingan, memungkinkan konten dalam jumlah besar diproduksi dan didistribusikan dengan cepat. Baik OpenAI dan Meta (sebelumnya Facebook) telah mengkonfirmasi keberadaan kampanye pengaruh yang terkait dengan Stoic dalam laporannya masing-masing.

Baca Juga: Jet Turkiye Tampil pada Pertunjukan Udara Internasional di Mesir

Menanggapi temuan ini, OpenAI dan Meta telah mengambil langkah-langkah untuk mencegah Stoic menggunakan platform mereka. Namun, para ahli mempertanyakan apakah langkah-langkah ini cukup untuk memerangi kampanye disinformasi yang canggih tersebut.

Kritikus berpendapat klaim perusahaan media sosial untuk mengawasi platform mereka secara efektif harus ditanggapi dengan serius, terutama karena mereka semakin bergantung pada solusi otomatis sekaligus mengurangi pengawasan manusia.

Kampanye disinformasi diyakini sebagai kasus pertama yang terdokumentasi mengenai keterlibatan pemerintah Israel dalam inisiatif online yang menargetkan politisi Amerika dan Kanada, meskipun Kementerian Urusan Diaspora Israel membantah tuduhan tersebut.

Pada pemilu Perancis baru-baru ini, Amichai Chikli, Menteri Urusan Diaspora Israel, mendukung kelompok sayap kanan anti-Sematik Marine Le Pen, yang menurut para analis merupakan bukti lebih lanjut dari tumbuhnya aliansi antara Zionisme global dan kelompok sayap kanan global. []

Baca Juga: Aljazair Nyatakan Akan Terus Bela Palestina Walau Banyak Tekanan

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Iran Peringatkan Netanyahu tentang Konsekuensi Kehancuran

Rekomendasi untuk Anda

MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia