Kemhan RI: ASEAN Perlu Bertindak Konkret Cegah Penyebaran Virus Corona

Hanoi, MINA – Sejumlah warga di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia terinfeksi virus corona (Covid-19). Kementerian Pertahanan RI mendorong ASEAN bertindak konkret mengatasi penyebaran Covid-19 itu.

“Masalah ini membutuhkan perhatian khusus dan tindakan konkrit. Semoga negara yang terkena dampak dapat diatasi dan kita dapat mencegah penyebaran virus, Indonesia siap memberikan bantuan jika diperlukan,” kata Sekretaris Jenderal Kemhan RI Dr. Agus Setiadji saat menghadiri pertemuan ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) Retreat, Rabu (19/2) di Hanoi, Vietnam.

Penyebaran virus corona membuat beberapa negara anggota ASEAN mengambil langkah preventif dengan menghentikan sementara penerbangan dari atau ke China, termasuk Indonesia.

Bulan ini, Indonesia telah mengevakuasi 238 warga negara Indonesia dari Wuhan, yang merupakan daerah yang paling parah terkena oleh penyebaran virus corona, untuk menghindari terinfeksi oleh virus tersebut.

Sebelum virus corona menjadi epidemi, komunitas internasional juga diserang oleh beberapa penyakit epidemi seperti virus flu burung (H5N1) yang mengejutkan dunia pada pertengahan 2000-an, virus SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) akhir tahun 2002 dan virus MERS (Middle East Respiratory Syndrome) pada 2012.

Untuk itu, penting bagi negara-negara anggota ASEAN untuk meningkatkan ketahanan terhadap semua bentuk ancaman biologis yang dapat membahayakan dan mengancam keselamatan masyarakat ASEAN. (R/RE1/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)