Kemlu : Apapun Kebijakan Trump terhadap Israel, Indonesia Tetap Dukung Palestina

Jakarta, 10 Shafar 1438/10 November 2016 (MINA) – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, menyatakan, apapun kebijakan yang akan dilakukan oleh Presiden ke-45 Amerika Serikat (AS) terhadap Israel, akan tetap mendukung .

Hal tersebut disampaikannya dalam Press Briefing Kemlu RI, Jakarta, Kamis (10/11), saat ditanya dukungan Donald Trump atas  rencana Israel menjadikan Yerusalem sebagai ibukota negara itu, namun Indonesia menilai ungkapan tersebut hanya sebuah retorika kampanye, belum sampai pada sebuah kebijakan.

“Sebagaimana kita ketahui, AS memiliki pengaruh cukup besar terhadap perkembangan ekonomi dan geo-politik dunia. Langkah-langkah yang mereka ambil akan berdampak secara global. Dan tentunya kebijakan yang akan diambilpun menjadi sebuah pertimbangan,” ujarnya.

Ia menegaskan, bagaimanapun posisi AS terhadap Palestina, Indonesia akan selalu berada di garda terdepan untuk terus membela perjuangan kemerdekaan rakyat Palestina.

“Indonesia akan tetap memperjuangkan Palestina, baik dalam forum bilateral, non- bilateral, dan forum-forum dunia lainnya,” kata Jubir Deplu menegaskan. (L/P008/P013-P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)