Kemlu Palestina Panggil Perwakilan Ceko Soal Pembukaan Konsulat Kehormatan di Yerusalem

Ramallah, MINA – Kementerian Luar Negeri dan Ekspatriat Palestina memanggil  Kepala Kantor Perwakilan Republik Ceko untuk Palestina Petr Starý, Kamis (3/12), karena adanya  rencana Republik Ceko untuk membuka kantor konsulat kehormatan di Yerusalem.

Bertindak atas instruksi Presiden Mahmoud Abbas dan Menteri Luar Negeri Riyad Malki, Wakil Menteri Luar Negeri Palestina Amal Jadou memanggil  Petr Stary untuk meminta klarifikasi tentang pengumuman Kemlu Ceko tentang penempatan diplomat secara permanen dari kedutaannya di Tel Aviv di konsulat kehormatannya di Yerusalem.

Kantor Berita OKI melaporkan, Jadou mengungkapkan kecaman Palestina atas langkah Ceko tersebut.

Dia menggambarkan keputusan itu merupakan pelanggaran terang-terangan terhadap hukum internasional, pemisahan dari posisi Eropa yang bersatu tentang status hukum Yerusalem, serta pelanggaran terhadap hak-hak dan kedaulatan rakyat Palestina atas wilayah Yerusalem.

Dia menuntut Republik Ceko membatalkan langkah serius ini, yang akan berdampak parah pada stabilitas regional dan upaya politik yang bertujuan untuk mencapai perdamaian Timur Tengah.(T/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)