Kemlu RI: Indonesia Sambut Baik Hasil Rekonsiliasi Fatah-Hamas

Juru Bicara Kementrian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir. (Foto: Nidiya/MINA)

Jakarta, MINA – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir mengatakan, menyambut baik hasil dan bersatunya faksi Palestina dan yang telah melakukan pertemuan di Kairo.

“Indonesia menginginkan keduanya bersatu, dan itu merupakan salah satu posisi Indonesia yang selama ini terus memperjuangkan kemerdekaan Palestina,” ujar Arrmanatha di Kementerrian Luar Negeri RI, Jumat (13/10).

Arrmanatha mengatakan, dari langkah dan kesepakatan yang telah dihasilkan diharapkan ke depannya hububungan tersebut dapat terus terjaga, serta kerja sama di antara kedua belah pihak agar dapat meningkat lebih baik.

Diberitakan sebelumnya,Faksi Palestina Fatah dan Hamas mencapai kesepakatan untuk mengakhiri 10 tahun perpecahan nasional selama sesi kedua dari pertemuan rekonsiliasi yang diadakan di Kairo pada Kamis (12/10) pukul 1 siang waktu setempat.

Fatah dan Hamas telah sepakat, Pemerintah Persatuan yang berpusat di Ramallah akan mengambil alih kontrol politik dan administratif di Jalur Gaza yang selama ini dikuasai Hamas, terhitung mulai 1 Desember 2017 mendatang.

Kesepakatan juga menetapkan pemilihan dewan legislatif dan pemilu presiden harus dilakukan dalam waktu satu tahun setelah penandatanganannya, meskipun rincian kesepakatan rekonsiliasi belum diumumkan.(L/R04/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.