Kepala BNPB Doni Monardo Disambut Dengan Upacara Adat di Sentani

Sentani, Papua, MINA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana () Doni Monardo bertemu dengan para tetua adat Sentani untuk Persatuan dan Kedamaian Bagi Tanah Papua dan Indonesia dalam acara yang diadakan di Bumi Kenambai Umbai, Sentani, Jayapura, Selasa (3/9), dalam rangka pemulihan sosial-ekonomi akibat banjir bandang pertengahan Maret lalu di sana.

Dalam suasana suka cita di bawah langit cerah dan birunya air Danau Sentani, rombongan Kepala BNPB disambut hangat oleh Ketua Adat dan warga sekitar.

Dengan upacara adat perkampungan Sereh Tua setelah selama kurang lebih tiga puluh menit rombongan berlayar menggunakan katamaran (perahu khas setempat) di Danau Sentani, demikian rilis BNPB yang diterima MINA.

Di muka dermaga, ia beserta rombongan diarak menuju tempat pertemuan yang telah dipadati oleh masyarakat sekitar.

Ia mengatakan, sebelum memasuki pelataran panggung utama, mantan Komandan Jenderal Kopassus itu diberikan tanda kehormatan berupa hiasan kepala khas Cenderawasih dan sebuah tas noken yang dianyam oleh tangan-tangan ahli, para Mama Sereh Tua.

Dalam pertemuan itu, Kepala BNPB menyerahkan beberapa bantuan bagi warga Danau Sentani di antaranya; 26 perahu katamaran, 260 alat pengasap ikan, 100 ribu pohon masohi dan dua pabrik sagu yang rencana akan dibangun di Sentani, sebagai wilayah dengan ladang pohon sagu terbesar di Indonesia.

Bantuan-bantuan tersebut merupakan bagian dari upaya pemulihan sosial ekonomi bagi yang terdampak bencana banjir bandang pada 16-17 Maret 2019 lalu. Bagi masyarakat sekitar, bantuan tersebut dinilai mampu memulihkan kepercayaan sekaligus melengkapi potensi yang ada di sekitar Danau Sentani.

“Kami masyarakat di sini selain bekerja di darat juga menyambung hidup di air (danau) maka dari itu dengan perahu (katamaran) dan alat asap ikan ini menandakan kami semakin lengkap. Terima kasih atas tindakan ini yang dapat mempengaruhi bagi kami bahwa pemeritah tulus membantu bagi kita semua,” ujar Ondofolo Sereh Tua.

Ondofolo menerangkan, bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura, kehadiran BNPB ini sekaligus merupakan wujud perhatian pemerintah pusat mulai dari saat bencana sampai masa pemulihan pascabencana banjir Sentani.

Hal itu sekaligus menjadi tanda bahwa negara benar-benar hadir untuk masyarakat Papua sebagai pelipur lara dan solusi bagi masa depan Papua. (R/Gun/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.