Kepala TETO John Chen: Taiwan Negara dengan Kestabilan Ekonomi Nomor 1 di Dunia

Jakarta, MINA – Kantor Dagang dan Ekonomi Taipei di Jakarta, Taipei Economic and Trade Office (TETO) mengadakan perayaan hari nasionalnya ke-108. Dalam kesempatan itu, Kepala TETO John Chen dalam pidatonya menyatakan, Taiwan adalah negara dengan kestabilan ekonomi Nomor 1 di dunia.

Tidak hanya itu, John Chen menyebutkan prestasi negaranya dengan merujuk pada data yang dikeluarkan oleh  “World Competitiveness Report 2018” dari Swiss World Economic Forum (WEF). Lembaga itu juga menyebut, Taiwan memiliki peringkat sebagai salah satu dari empat teratas inovator super bersama Jerman, Amerika Serikat, dan Swiss.

Prestasi lainnya adalah dalam hal ekonomi, Taiwan berada di peringkat ke-13 di dunia, dan ke-4 di kawasan Asia-Pasifik.

Sementara dalam hal kerja sama dengan Indonesia, saat ini, ada sekitar 300.000 orang Indonesia yang bekerja, belajar, dan tinggal di Taiwan. Di antaranya ada sekitar 260.000 pekerja migran Indonesia. Gaji, asuransi kesehatan, dan kesejahteraan Taiwan untuk pekerja migran Indonesia adalah yang terbaik di antara pekerja migran asing lainnya.

Dalam hal bantuan sosial, John Chen menyebut, saat gempa bumi tsunami di pulau Lombok, kota Palu dan provinsi lain di Sulawesi Tengah tahun lalu, sumbangan dana pemerintah dan swasta Taiwan secara keseluruhan telah melebihi 2,86 juta dolar AS.

Sebagian dana digunakan untuk membangun kembali sekolah-sekolah, pusat kegiatan Islam, donasi tanggul, mobil ambulan, pakaian dan makanan lainnya di daerah bencana.

Hari Nasional Republic of China (Taiwan) ke-108 Tahun dilaksanakan di Jakarta pada Selasa malam, 8 Oktober 2019.

Para undangan termasuk pejabat pemerintah Indonesia, anggota parlemen, para diplomatik, komunitas Tionghoa, pengusaha Taiwan, cendekiawan, seniman dan budayawan sekitar 800 orang dari semua lapisan masyarakat menghadiri acara tersebut. (L/R01/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)