Kereta Amal Turki dengan 750 Ton Bantuan Tiba di Afghanistan

Sumber Foto: Anadolu Agency

Hera, MINA – Kereta amal Turki yang mengangkut 750 ton pasokan bantuan darurat dari Ankara, tiba di Afghanistan pada Senin (7/2).

Kereta itu disambut dalam sebuah upacara oleh Duta Besar Turki Cihad Erginay dan pejabat pemerintah Afghanistan di provinsi Herat barat laut, menurut Badan Kerjasama dan Koordinasi Turki (TIKA).

“Bantuan itu akan didistribusikan di 34 provinsi di negara itu,” ujar badan bantuan Turki tersebut seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Kereta amal berangkat dari ibu kota Turki, Ankara pada akhir bulan lalu dengan menempuh 4.168 kilometer melalui Iran dan Turkmenistan untuk mencapai Afghanistan.

Setidaknya 11 lembaga kemanusiaan dari Turki, di bawah payung Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD) yang dikelola negara, memasok bantuan kemanusiaan ke Afghanistan, yang menghadapi krisis pangan dan membutuhkan bantuan darurat.

Menurut PBB, separuh populasi sekarang menghadapi kelaparan akut, lebih dari sembilan juta orang kehilangan tempat tinggal, dan jutaan anak putus sekolah.

Sebelumnya, PBB dan mitranya meluncurkan seruan pendanaan senilai USD4,4 miliar untuk mencegah bencana kemanusiaan di Afghanistan pada 2022. (T/RE1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.