Restorasi Halal di Kereta Api Indonesia (Oleh: Dr.H. Ikhsan Abdullah, S.H., M.H.)

Oleh: Dr. H. Ikhsan Abdullah, S.H., M.H.; Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch

Kereta Api Indonesia saat ini sudah lebih modern dari maskapai penerbangan domestik manapun dalam hal memanjakan dan menjamin pelanggannya dapat menikmati makanan dan minuman halal.

Kita dapat dengan mudah singgah di restoran Kereta Api Indonesia seperti Argo Jati, Tegal Bahari, Argo Parahyangan dan memesan makanan yang disajikan dengan hangat, nikmat dan halal. Kita jadi merasa nyaman dengan pelayanan yang ramah dan resto yang bersih.

Dengan harga yang terjangkau dan pelayanan yang baik, penuh keramahan, resto Kereta Api Indonesia dapat dijadikan model bagi industri transportasi laut, darat dan udara.

Di gerbong resto tersedia juga mushola dan toilet umum yang bersih dengan air yang cukup dapat digunakan untuk bersuci.

Penulis ingin mengajak masyarakat dan pegawai Pemerintah untuk lebih aktif menggunakan jasa Kereta Api agar ke depan kereta api Indonesia menjadi lokomotif terdepan dan menjadi contoh bagi industri transportasi di Indonesia dan dunia.

Jika kita bandingkan dengan kereta api di beberapa negara, sebut saja di kawasan Asia Pasifik atau Eropa, Kereta Api Indonesia memiliki keunggulan atau nilai tambah yang tidak dimiliki oleh kereta api di luar negeri yakni tersedianya makanan dan minuman halal serta tidak menjual minuman beralkohol dan / atau miras.

Kita harus berbangga dengan Kereta Api Indonesia sebagai pelopor industri transportasi halal di dalam negeri. (AK/R01/P1)

Mi’raj News Agency MINA)