Muslimat Jamaah Muslimin Lampung Selenggarakan Seminar Parenting

Pemerhati Parenting Lampung R. Roro Atmim N, M.Pd saat memberikan materi pada seminar parenting di Masjid Annubuwwah, Kompleks Ponpes Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Lampung

Lampung Selatan, MINA – Muslimat Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Lampung menyelenggarakan Seminar Parenting di Masjid Annubuwwah, Al-Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan, Jumat (31/5).

Kepala MINA Biro Sumatera, Nurhadis mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari peran edukasi yang dilakukan oleh MINA kepada masyarakat. “Kami bekerja sama dengan Muslimat Jama’ah Muslimin (Hizbullah) menghadirkan pembicara pemerhati parenting Lampung, R. Roro Atmim N, M.Pd,” katanya.

Koordinator Muslimat Jama’ah Muslimin Lampung, Nur Hayati, S.Sos mengatakan, kegiatan bertujuan memberikan wawasan yang lebih bagi para orang tua dalam mendidik anak, dengan tetap menanamkan nilai-nilai agama dan ketakwaan kepada Allah. Pada seminar tersebut, pemateri mengedukasi ibu-ibu tentang peran orang tua dalam mendampingi anak dalam belajar.

Baca Juga:  KH Didi Supandi: Islam Hargai dan Hormati Nilai Kemanusiaan

Dalam materinya, Atmim menyampaikan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika mendampingi anak dalam belajar, diantaranya orang tua harus dapat memahami gaya belajar anak baik secara visual, auditori, maupun kinestetik, memahami kemampuan minat dan bakat yang dimiliki anak, pengkondisian suasana belajar anak yang baik salah satunya dengan meningkatkan daya ingat anak.

Menurut Atmim, komunikasi positif antara orang tua dan anak juga sangat diperlukan, dimana orangtua aktif mengajak anak dalam menyapa, bertanya, mengobrol serta berdiskusi, memperhatikan kesiapan anak dalam belajar, mengatur waktu belajar anak dengan membuat jadwal harian bersama anak, memberikan nutrisi yang baik untuk otak yang baik, serta dukungan terhadap anak saat menjelang ujian.

Baca Juga:  Masyarakat Pemulung di Bantar Gebang Terima Daging Kurban BAZNAS

“Sikap orang tua itu mempengaruhi sikap anak, terutama dalam proses belajar karena hal tersebut memiliki pengaruh yang besar terhadap rasa percaya diri anak,” ujarnya.

Pada seminar serupa sebelumnya, Atmim menyampaikan materi bertema Problem Solving Dalam Keluarga. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Widi Kusnadi