KERRY DAN ABBAS BAHAS PERUNDINGAN PERDAMAIAN LAGI

Foto: Pool/AFP/File Jacquelyn Martin

Tepi Barat, 14 Rajab 1435/13 Mei 2014 (MINA) – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry akan bertemu Presiden Mahmud Abbas di London pada Rabu, kata seorang pejabat Palestina, beberapa minggu setelah pembicaraan damai dengan Israel itu buntu.

“Pertemuan ini akan membahas kemungkinan dimulainya kembali perundingan dengan Israel,” kata pejabat itu yang meminta tidak disebutkan namanya, media Palestina Alray, yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Namun, juru bicara Kerry membantah akan adanya rencana pembicaraan dengan pemimpin Palestina selama perjalanannya yang di jadwalkan ke London pekan ini.

“Tidak ada pertemuan yang direncanakan,” kata Jen Psaki. Ia menambahkan, Kerry akan berada di London pada Kamis untuk diskusi mengenai konflik di Suriah.

Upaya perdamaian Otoritas Palestina-Israel yang digemborkan Kerry telah gagal melewati batas waktu  yang dijadwalkan selesai, 29 April, antara para pemimpin, yang selama sembilan kali pertemuannya tidak membuahkan hasil.

“Pertemuan itu bisa menjadi upaya terakhir Kerry untuk menghidupkan kembali perundingan,” kata pejabat Palestina.

Militer Israel mengambil keuntungan sendiri selama pertemuan-pertemuan terakhir, mengenai perbatasan dan para pengungsi.

Selama pembicaraan masih dimediasi AS, Israel  mengumumkan ribuan rumah untuk permukimannya di Tepi Barat, di tanah Palestina, di mana ini menyalahi aturan yang disepakati sebelumnya.

Pada akhir Maret lalu, Israel mengingkari janji  pada pertemuan Juli 2013 untuk membebaskan tahanan Palestina,  dengan menuntut Abbas membatalkan  pendaftaran Palestina ke beberapa organisasi internasional seperti PBB yang dianggap akan merugikan Israel.

Organisasi Pembebas Palestina (PLO), yang didominasi partai pimpinan Abbas, kemudian menandatangani perjanjian rekonsiliasi dengan pada 23 April, setelah Israel menarik diri dari .(T/Nidiya/P03/R2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0