Kesenjangan Gender Penyebab Terhalang Kesempatan Perempuan Kenyam Pendidikan Tinggi

Para peseta diskusi tengah serius mendengarkan penjelasan narasumber bertemakan “Memastikan Kesetaraan Gender dalam Pendidikan di di Ruang Serbaguna Perpustakaan Kemendikbud
Foto: Rahmie/MINA

Jakarta, 7 Jumadil Akhir 1437/16 Maret 2016 (MINA) – Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kemendikbud, Supriano mengatakan bahwa kesenjangan Gender dalam peserta didik terutama perempuan menjadi penyebab terhalangnya kesempatan mengenyam pendidikan tinggi.

“Perempuan sulit mengenyam pendidikan tinggi dan memiliki kesempatan untuk lebih maju,” kata Supriano pada acara diskusi bertemakan ‘Memastikan Kesetaraan Gender dalam Pendidikan’ di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta, Rabu (16/3).

Menurutnya, hal ini menjadi penyebab mengapa banyak masyarakat yang ada di daerah mendorong anak perempuannya untuk menikah muda.

Supriano menilai bahwa keputusan orang tua mereka yang mengarahkan anaknya untuk kawin muda dengan meninggalkan pendidikan adalah kesalahan.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Kepala Biro Perencanaan Kerjasama Luar Negeri Kemendikbud, Suharti mengatakan bahwa jumlah pelajar di tingkat Sekolah Dasar (SD) didominasi oleh laki-laki.

Namun, pada tingkat menengah laki-laki lebih memilih bekerja dibanding sekolah. “Bukan karena kurang senang untuk sekolah, tapi alasan kemiskinan dan ketidakmampuan membeli peralatan sekolah juga jadi penyebab mereka tidak melanjutkan sekolah,” katanya.

Berdasarkan data Kemendikbud, jumlah siswa SD berjenis kelamin laki-laki sebanyak 13.572.706 dan perempuan sekitar 12.431.427.

Sementra itu untuk jenjang pendidikan tingkat SMP, berjenis perempuan sebanyak 4.942.977 dan laki-laki berjumlah 5.117.428. Sementara pada tingkat SMA, laki-laki berjumlah 1.966.351 dengan angka perempuan sekitar 2.445.584.(L/P004/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.