Ketegangan “Mereda”, Pakistan Kirim Kembali Komisaris Tinggi ke India

Islamabad, MINA – Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mehmood Qureshi mengatakan, ketegangan dengan India tampaknya semakin “mereda”. Pemerintah Islamabad akan mengirim kembali Komisaris Tinggi (Kepala Perwakilan setingkat Duta Besar) Sohail Mahmood ke New Delhi.

Dia berterima kasih kepada Amerika Serikat karena memainkan peran dalam meredakan krisis melalui “diplomasi pribadi”, demikian Greater Kashmir melaporkan yang dikutip MINA.

“Ketegangan antara India dan Pakistan tampaknya semakin mereda dan ini adalah perkembangan positif,” kata Qureshi pada Rabu (6/3) kepada media di Islamabad.

“Pakistan semakin meningkatkan upaya diplomatik dan kami telah memutuskan untuk mengirim kembali Komisaris Tinggi Pakistan ke New Delhi,” katanya, seraya menambahkan bahwa delegasi Pakistan akan mengunjungi New Delhi untuk mengadakan dialog mengenai Koridor Kartarpur.

Pakistan telah memanggil pulang utusannya ke Islamabad untuk konsultasi mendesak setelah serangan bom bunuh diri Pulwama pada 14 Februari oleh Jaish-e-Mohammed (JeM). Islamabad mengambil langkah itu setelah India memanggil pulang utusannya Ajay Bisaria ke New Delhi.

Qureshi mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri Cina, Rusia, Turki, Uni Emirat Arab dan Yordania juga memainkan peran penting dalam mengurangi ketegangan antara kedua negara tetangga.

Dia menegaskan bahwa Pakistan ingin menyelesaikan semua masalah dengan India yang menghambat perdamaian antara kedua negara. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)