Ketua DPR Kutuk Keras Penembakan Jamaah Masjid di Selandia Baru

Jakarta, MINA – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengutuk keras aksi penembakan di dua Masjid di Kota Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3) waktu setempat.

Informasi sementara, sekitar 49 orang menjadi korban penembakan. Dua diantaranya merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang sedang beribadah di Masjid Al Noor.

“Saya telah menghubungi Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya, agar memprioritaskan penanganan WNI yang menjadi korban. Sambil juga memastikan keselamatan WNI lainnya yang sedang berada di Selandia Baru, khususnya 331 WNI di Kota Christchurch, yang 134 diantaranya merupakan mahasiswa,” ujar , Jumat (15/3).

Dikutip dari rilis DPR, Bamsoet menegaskan, tindakan teror semacam ini tidak bisa dibenarkan atas nama apapun dan alasan apapun. Rakyat Indonesia dan juga warga dunia lainnya mendukung rakyat Selandia Baru dalam menghadapi serangan teror tersebut.

“Ini menjadi early warning bagi dunia untuk segera kembali merapatkan barisan. Tak hanya dalam memerangi, namun juga kerjasama merupakan yang paling penting dalam mencegah terorisme, sehingga kita bisa memberantas terorisme sampai ke akarnya,” tandas Bamsoet.

Ia menyatakan, sebagai negara yang pernah merasakan serangan teroris dan bisa keluar dari jerat terorisme, Indonesia siap bekerjasama dengan negara lainnya.

“Pendekatan soft approach sebagai ciri khas Indonesia dalam menangani para teroris, program deredikalisasi teroris, sampai Undang-Undang Tindak Pidana Penanggulangan Terorisme sebagai payung hukum, semuanya bisa menjadi bahan sharing dalam berbagi pengalaman dengan negara lainnya dalam mencegah dan memberantas terorisme,” tutur Bamsoet.

“Mari kita wujudkan dunia tanpa rasa takut, sehingga anak cucu dan generasi mendatang bisa menikmati indahnya dunia,” pungkas Bamsoet. (R/R05)/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)