Ketua IARC: Berikan Kontribusi Nyata dalam Pembangunan

Jakarta, 16 Syawwal 1437/19 Juli 2016 (MINA) – Ketua Association for Religions and Cultures (IARC) Paiman Mak, mengatakan hendaknya seluruh kompinen bangsa dapat memerikan kontribusi nyata dalam pembangunan.

Paiman Mak mengatakan dalam sambutannya pada Halal Bihalal kerjasama IARC dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan tema “Indahnya Kebersamaan” di Grand Sahid Hotel Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (18/7/2016) malam.

“Kami melakukan secercah refleksi terhadap berdirinya IARC. IARC berdiri dengn visi ketakwaan kerukunan dan keadaban dan memiliki tekad untuk dapat memberikan kontribusi secara nyata dalam membangun hubungan konstruktif antar bangsa melalu keagamaan dan kebudayan”, ujarnya.

Untuk mencapai ini semua, IARC telah memilik bidang-bidang kegiatan yang relevan seperti bidang keagaman. Kebudayaan, kerjasama internasional, pendidikan, sosial dan lingkungan hidup seluruh bidan-bidang ini.

Ia menambahkan, merasa bersyukur bahwa acara silaturahim tersebut bersama dengan MUI telah  berlangsung selama empat tahun berturut-turut sejak berdiri IARC.

Dikatakan Paiman, “acara silaturahim ini menjadi ajang saling bertemu, saling mempererat tali silaturahim dalam suasana yang syahdu dan indah di hari raya suci Idul Fitri.”

Hal itu dilakukan agar hubungan antar umat manusia dapat terjalin dengan konstruktif, produktif dan juga damai serta indah dalam kebersamaan, imbuhnya.

Sebab itu, pihaknya bersama MUI kembali menghadirkan tema “Indahnya Kebersamaan”, agar semua memahami bahwa masyarakat terdiri dari berbagai suku, bangsa, budaya dan agama yang begitu beragam.

Semuanya memiliki kebulatan tekad untuk merajut kemajemukan menuju kebersamaan yang indah. Indah karena kebersamaaan ini menjadi bingkai pemandangan alam yang penuh warna dan saling menguatkan satu sama lain, paparnya.

“Kita samua patut syukuri kebhinekaan sebagai anugerah yang sungguh tidak ternilai dan menjadi harapan agar kerukunan, kedamaian dan persatuan ini dapat membawa bangsa Indonesia menuju masa depan yang sejahtera bagi seluruh warganya”, ujarnya.

Hadir pada Halal Bihalal itu, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan, Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin, Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) A.M. Fachir dan lembaga keagamaan se-Indonesia. (L/P002/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)