Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ketua MPKS PP Muhammadiyah Paparkan Semangat Transformasi dan Modernisasi Manajemen

Rana Setiawan - Ahad, 5 Maret 2023 - 15:45 WIB

Ahad, 5 Maret 2023 - 15:45 WIB

5 Views

Jakarta, MINA – Ketua Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr. Mariman Darto, M.Psi memaparkan semangat transformasi dan modernisasi manajemen, sebagai modal sosial bagi pengurus untuk berkiprah lebih baik dan maju.

“Salah satu harapan yang paling penting adalah semangat melakukan transformasi melalui memodernisasi manajemen, baik bagi  lembaga kesejahteraan sosial anak (LKSA), maupun pelayanan di luar LKSA,” kata Mariman dalam keterangan tertulisnya diterima MINA, Ahad (5/3).

Menurutnya, transformasi juga penting dilakukan untuk akselerasi kemandirian keluarga, komunitas dan LKSA, serta advokasi terhadap berbagai kasus penyandang masalah sosial. Masalah kesejahteraan sosial memang tidak pernah habis.

“Apalagi kondisi krisis seperti sekarang ini. Muhammadiyah melalui MPKS perlu meningkatkan kuantitas dan kualitas pekerja sosial Muhammadiyah. Ini sangat mendesak. Keberadaannya sangat penting terutama di tingkat cabang dan ranting Muhammadiyah,” ungkap Mariman.

Baca Juga: Prediksi Cuaca Jakarta Cerah Berawan Sepanjang Hari Sabtu Ini

Dia menegaskan, melalui perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM), khususnya program kesejahteraan sosial perlu berintegrasi dalam meningkatkan profesionalitas dari pekerja sosial.

“Sertifikasi terhadap profesi pekerja sosial muhammadiyah sangat penting dan perlu segera dilakukan. Kemandirian dan tata kelola Amal Usaha Bidang Sosial (AUMSos) juga menjadi sorotan dari diskusi perdana ini,” pungkas Mariman.

Hal tersebut disampaikan pada silaturrahim daring seluruh pengurus MPKS Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2022-2027 yang untuk pertama kalinya digelar.

Mulai Dewan Pakar, para pengurus dari ketua, wakil ketua, sekretaris dan para wakilnya, bendahara dan para wakilnya serta seluruh anggota menghadiri pertemuan ini. Acara ini dibuka dan dimoderatori oleh Sekretaris, Dr. Faozan Amar, S.Ag, M.M

Baca Juga: Cuaca Ektrem, Banda Aceh Terapkan KBM Secara Daring

Dalam pertemuan daring pada Jumat (3/3) ini hadir pula Dewan Pakar yaitu Dr (HC) dr. Sudibyo Markus, M.B.A, Ir. Sularno, Dr. Ati Kusmawati, Badrun Sustyo, Ph.D dan Dr Moh. Tohirin Hasah.

Pada akhir pertemuan Dr.dr. Sudibyo Markus  menyampaikan  kepada pengurus untuk melakukan program yang fokus pada sistem gerakan, organisasi dan kepemimpinan, jaringan serta sumberdaya sebagai bagian dari visi-misi Muhammadiyan 2022-2027.

Penekanan pada profesionalitas pengurus dan pengelola AUMSos juga tidak luput dari sorotannya.

Beberapa harapan yang disampaikan oleh para pengurus diantaranya dari Faji Hidyatullah, MAP menyampaikan “Melalui MPKS, mampu untuk lebih memberdayakan teman-teman disabilitas dengan ketentuan yang sudah ada”.

Baca Juga: Prediksi BMKG, Puncak Musim Hujan di Jambi November Mendatang

Sementara Zainal Abidin “MPKS menjadi leading sektor dalam penguatan pelayanan kesejahteraan sosial di Indonesia secara umum dan khususnya di Muhammadiyah pada kelompok sasar rentan (anak, disabilitas, lansia, ibu hamil).

Serta mendorong secara aktif sumbangsih kebijakan-kebijakan inklusif kesejahteraan sosial di pemerintah maupun luar negeri dengan internalisasi nilai-nilai Islam universal.

Harapan dan usulan dalam rapat daring ini selanjutnya akan dirangkum oleh tim dan diskusikan kembali sebagai bahan perumusan rencana startegi MPKS PP Muhammadiyah periode 2022-2027.(R/R1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Fadli Zon Desak Dunia Rumuskan Langkah Konkret Implementasikan Resolusi PBB Soal Palestina

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Haji 1445 H
Indonesia
Indonesia
Indonesia